Tanjungpinang (ANTARA) -
Gubernur Kepulauan Riau Nurdin Basirun meminta PT Pelindo I Tanjungpinang dan PT Pelni meningkatkan pelayanan di Pelabuhan Sri Bintan Pura selama musim mudik.

"Perlu diperbaiki dan ditingkatkan pelayanan di pelabuhan dan di dalam kapal," kata Gubernur Nurdin seusai melepas ratusan penumpang yang ikut program mudik gratis antarpulau di Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang, Selasa.

Nurdin mengatakan peningkatan pelayanan mulai dari lahan parkir, ruang tunggu, dan toilet. Sedangkan di kapal yang digunakan untuk mengangkut penumpang seperti KM Sabuk Nusantara 48 perlu diperhatikan pendingin ruangan dan penerangan.

Jembatan penyeberangan dari bibir pelabuhan menuju kapal juga perlu diperhatikan sehingga tidak membahayakan keselamatan penumpang.

Ia mengatakan penumpang harus dibuat nyaman sehingga merasa betah meski berjam-jam berlayar ke Natuna hingga ke Kalimantan Barat.

"Tadi saya masuk ke dalam kapal, ruangan agak gelap, dan panas. Warga mungkin bertahan karena ingin pulang kampung, tetapi tidak nyaman," ujarnya.

General Manager PT Pelindo I Tanjungpinang Arif Indra Perdana mengatakan lahan parkir masih dalam tahap pembenahan.

"Ruang tunggu dan toilet selalu diperhatikan agar penumpang nyaman," katanya.

Arif mengatakan pengamanan di pelabuhan juga ditingkatkan demi kenyamanan penumpang. "Kami libatkan TNI dan Polri untuk pengamanan pelabuhan," ucapnya.

Pewarta: Nikolas Panama
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2019