Palangka Raya (ANTARA) - Wali Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah Fairid Naparin mengingatkan warganya terlebih dahulu mengecek kondisi keamanan rumah sebelum melakukan mudik jelang Lebaran 1440 Hijriah.

"Hal itu sangat diperlukan sebagai upaya waspada terhadap aksi pencurian yang rawan terjadi saat rumah dalam kondisi kosong atau tidak berpenghuni," Fairid di Palangka Raya, Selasa.

Selain itu, pengecekan kondisi rumah sebelum mudik juga untuk meminimalkan potensi kebakaran pemukiman akibat adanya hubungan arus pendek.

"Bagi warga yang mudik apalagi jangka panjang pastikan tidak ada alat elektronik yang masih terpasang. Selalu koordinasi atau titip dengan tetangga memantau kondisi rumah secara berkala untuk menghindari pencurian," kata Fairid.

Fairid menambahkan, dalam rangka memberikan rasa tenang dan aman kepada para pemudik terkait barang yang ditinggalkan, pihaknya terus berkoordinasi dengan aparat keamanan seperti TNI dan Polri.

Sementara itu, dalam rangka kegiatan Operasi Ketupat Telabang 2019 menyiapkan 600 personel sebagai upaya pengamanan Idul Fitri 1440 Hijriah.

"Selama pelaksanaan Operasi Ketupat Telabang 2019 kita dibantu 600 personel dari Polri, TNI serta instansi lain di lingkungan Pemerintah Kota Palangka Raya," kata Kapolres Palangka Raya, AKBP Timbul RK Siregar.

Dia menambahkan, dalam rangka Operasi Ketupat Telabang 2019 pihaknya juga membentuk lima posko, tersebar di sejumlah titik di Kota Palangka Raya yang menjadi pusat keramaian dan pusat lintasan pemudik.

Posko tersebut terdiri dari empat posko layanan dan empat posko pengamanan. Pertama posko pengamanan terpadu bertempat di Pos Polisi Bundaran Besar, kemudian di Jalan Mahir Mahar, titik nol Palangka Raya dan pos bandara serta terakhir,  pos pelayanan di halaman Hypermart.

Dia pun mengimbau warga yang tidak melakukan mudik lebaran maupun liburan diharapkan agar dapat bekerja sama menjaga keamanan dan kenyamanan lingkungan sekitarnya, termasuk agar dapat membantu mengawasi rumah tetangga yang sedang ditinggal bepergian.

"Kami harapkan agar warga setempat dapat bekerja sama dengan pihak kepolisian, segera laporkan bila ada tanda-tanda yang mencurigakan, hal ini kita lakukan agar supaya rasa aman dan nyaman agar tetap selalu terjaga dan senantiasa dalam keadaan kondusif," kata Timbul
 

Pewarta: Rendhik Andika
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2019