Jakarta (ANTARA) - Ekspor ikan patin yang dilakukan ke Arab Saudi juga dalam rangka memenuhi kebutuhan hidangan makanan bagi jemaah haji asal Indonesia.

Plt. Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) KKP, Nilanto Perbowo, dalam siaran pers KKP, Rabu, menyatakan ikan patin hasil budidaya selama ini untuk memenuhi kebutuhan konsumsi dalam negeri.

"Mengingat produksinya yang semakin meningkat, kini ikan patin Indonesia tak lagi hanya untuk memenuhi kebutuhan konsumsi dalam negeri, melainkan juga dapat diekspor ke Arab Saudi," kata Nilanto.

Menurut dia, ekspor perdana ikan patin kali ini adalah atas kerja sama Asosiasi Pengusaha Catfish Indonesia (APCI) dan SMART-Fish Indonesia yang menangkap potensi patin Indonesia untuk memenuhi kebutuhan ikan jemaah haji Indonesia.

Sejauh ini, kebutuhan pasokan patin untuk jemaah haji Indonesia diperkirakan mencapai 540 ton. Untuk memenuhinya, pihak APCI telah menyiapkan pasokan sekitar 300 ton patin yang terdiri dari 150 ton cut portion dan 150 ton fillet.

"Komoditas patin ini sendiri baru untuk kebutuhan jamaah haji. Harapannya dengan ekspor perdana ini nantinya bisa merambah ke negara-negara lain," ujar Nilanto.

Sementara itu, Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kementerian Agama, Muhajirin Yanis menyebut, ikan patin dibutuhkan untuk menunjang pelayanan bagi jemaah haji sebagai sajian menu masakan bercitarasa khas Indonesia.

"Tahun ini sajiannya akan semakin lengkap dengan tersedianya bahan baku ikan patin asli Indonesia. Nantinya selama jemaah haji Indonesia berada di Arab Saudi, sajian makan kurang lebih sebanyak 75 kali makan sampai mereka kembali, di mana lima kali dalam seminggu mencicipi sajian menu ikan, dalam hal ini ikan patin," kata Muhajirin.

Beberapa waktu belakangan, produksi patin Indonesia memang menunjukkan tren peningkatan. Pada 2018 lalu misalnya, produksi patin Indonesia meningkat 22,2 persen menjadi 391.151 ton dibandingkan tahun 2017 yang hanya sebesar 319.966 ton .

Ketua Bidang Budidaya Patin APCI, Imza Hermawan mengatakan, peningkatan hasil budidaya patin ini terjadi berkat upaya penggunaan induk dan benih yang berkualitas untuk menekan Feed Conversion Ratio (FCR) sehingga efisiensi produksi meningkat.

Adapun sentra utama produksi patin Indonesia tersebar di wilayah Kabupaten Tulungagung, JawaTimur; Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara; Kabupaten Kampar, Riau; Kabupaten Batanghari dan Kabupaten Muaro Jambi, Jambi; Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur, Kabupaten Banyuasin, dan Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan; Kabupaten Lampung Selatan, Kabupaten Lampung Tengah, dan Kabupaten Pringsewu, Lampung; dan Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan.

Nilanto mendorong agar para pelaku usaha dan pembudidaya patin mendorong produksi patin dalam negeri agar patin Indonesia bisa turut ambil bagian dalam memenuhi kebutuhan patin global.

"Dengan potensi patin dalam negeri yang sangat tinggi, apabila kita mampu menggenjot produksi, tidak mustahil ke depan kita bisa menjadi pemain utama untuk komoditas ikan patin," ujar Nilanto.

Pewarta: M Razi Rahman
Editor: Masnun
COPYRIGHT © ANTARA 2019