Makassar (ANTARA) - Puncak arus mudik H-5 lebaran 2019 di Pelabuhan Makassar, eks Sukarno Hatta, Sulawesi Selatan disesaki ribuan penumpang hingga membludak di dalam ruang tunggu bahkan meluber ke lokasi dermaga, hal ini dikarenakan ada empat kapal Pelni yang sandar bersamaan di pelabuhan setempat.

Berdasarkan pantauan di lokasi, Jumat malam, ribuan penumpang harus menunggu lama, mengingat aktivitas bongkar muat kapal yang membawa penumpang tiba harus antrean masuk ke dermaga.

Petugas keamanan terlihat berjibaku untuk melarang penumpang yang memaksa masuk di area dermaga, sebab ruang tunggu dipenuhi ribuan penumpang yang mulai kepanasan sehingga mencoba memaksa masuk dermaga.

Kapal Pelni yang masuk dan sandar di pelabuhan setempat secara bersamaan yakni KM Dorondola, KM Tilong Kabila, dan KM Lambelu. Sementara KM Ciremai masih berlabuh di luar dermaga sambil menunggu kapal yang akan keluar. Hal ini mengakibatkan terjadi penumpukan penumpang yang hendak mudik.

"Kami masih menunggu ini, ruang tunggu sudah mulai panas, karena banyak sekali orang," ujar Ibrahim salah satu penumpang tujuan Bau-bau.

Kepala Cabang PT Pelni Makassar, Ridwan Mandaliko saat mengontrol di pelabuhan setempat harus berpikir cepat mengingat KM Ceremai yang masih berlabuh di luar dermaga harus masuk untuk menurunkan penumpang, sehingga KM Dorondola harus ditarik keluar setelah menurunkan penumpangnya.

Ini dilakukan agar penumpang KM Ceremai diturunkan di dermaga karena sudah menunggu terlalu lama di luar pelabuhan. Petugas terlihat kewalahan menghalau penumpang yang masuk meluber ke dermaga dan meminta penumpang agar masuk kembali ke ruang tunggu.

"KM Ceremai harus masuk karena sudah lama di luar. KM Dorolonda harus dibawa keluar agar KM Ceremai bisa bersandar menurunkan penumpangnya," katanya.

Sementara pantauan di luar pelabuhan, suasana lalulintas terjadi kemacetan cukup parah, ratusan kendaraan berusaha masuk ke pelabuhan. Bahkan lahan parkir tidak mampu menampung dan harus membuka lahan kontainer untuk menampung kendaraan parkir. Diperkirakan ada lima ribuan penumpang arus mudik.

Hingga saat ini kondisi di pelabuhan setempat masih kondusif, aparat terlihat berjaga-jaga di sekitar pelabuhan. Mesin pendingin di ruang tunggu tidak mampu mendinginkan karena ribuan penumpang masih menunggu keberangkatan.
 

Pewarta: M Darwin Fatir
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2019