Bandarlampung (ANTARA) - Arus Mudik di Pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan, Provinsi Lampung pada Jumat Malam, mulai ramai oleh pemudik yang melakukan penyeberangan dari Pelabuhan Merak Banten.

Berdasarkan pantauan menunjukkan, kapal Fery dari Pelabuhan Merak terus silih berganti bersandar menurunkan pemudik dari Pulau Jawa yang melakukan penyeberangan pada dermaga yang terdapat di Pelabuhan Bakauheni.

Pemudik-pemudik dari pulau Jawa dengan tujuan Pulau Sumatra tersebut ada yang pejalan kaki, menaiki bus, kendaraan pribadi baik itu roda empat maupun roda dua.

"Sampai hari ini kita mengoperasikan 35 Kapal Fery untuk mengangkut penumpang dengan 36 trip," kata Manager Usaha PT ASDP Cabang Bakauheni, Sugeng Purwono.

Ia menyebutkan, berdasarkan laporan dari pukul 20.00 hingga pukul 08.00 jumlah pemudik di Pelabuhan Bakauheni tercatat 25.042 orang dengan rincian penumpang jalan kaki sebanyak 1.977 dan penumpang dalam kendaraan sebanyak 23.065.

Sedangkan, jumlah kendaraan sebanyak 4.246 terdiri dari roda empat 3.213 unit dan kendaraan roda dua sebanyak 450 unit.

Ia memperkirakan bahwa besok atau lusa arus mudik di Pelabuhan Bakauheni akan semakin ramai oleh pemudik karena ASN dan karyawan pabrik sudah mulai libur.

Sementara itu sejumlah pemudik pejalan kaki ataupun roda dua yang baru turun dari dermaga di pelabuhan Bakauheni lebih memilih bermalam hingga besok pagi untuk melanjutkan perjalanan mudiknya.

Sedangkan mereka yang menggunakan bus dan kendaraan roda empat langsung melanjutkan perjalanan mudiknya.

sedangkan pantauan di lokasi arus balik dari Pulau Sumatra yang akan menyeberang ke Pulau Jawa terpantau lenggang.

Pewarta: Dian Hadiyatna
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2019