Yogyakarta (ANTARA) - Arus kedatangan penumpang di Terminal Giwangan pada H-2 Lebaran, Senin, mulai mengalami penurunan, namun untuk arus keberangkatan penumpang masih cukup tinggi.

“Masih ada beberapa bus dari program mudik gratis yang masuk ke Terminal Giwangan meskipun jumlahnya tidak sebanyak dua hari lalu,” kata Kepala Satuan Pelayanan Terminal Giwangan Yogyakarta Bekti Zunanta di Yogyakarta, Senin.

Berdasarkan data di aplikasi Terminal Giwangan, jumlah penumpang yang datang pada H-3 Lebaran, Minggu (2/6) tercatat sebanyak 16.975 penumpang dan pada H-2 hingga sore hari tercatat sebanyak 8.474 penumpang yang datang.

Sedangkan penumpang yang diberangkatkan dari Terminal Giwangan pada H-3 tercatat sebanyak 13.072 orang dan hingga H-2 sore hari sudah ada 9.033 penumpang yang diberangkatkan.

“Untuk puncak kedatangan penumpang, sudah terjadi pada H-5 atau 31 Mei dengan 18.073 penumpang,” katanya.

Meskipun demikian, Bekti menyebut, rata-rata jumlah penumpang harian yang datang maupun berangkat dari Terminal Giwangan pada masa angkutan Lebaran tahun ini mengalami penurunan dibanding tahun sebelumnya.

“Banyak masyarakat yang lebih memilih menggunakan kendaraan pribadi untuk mudik karena tersambungnya tol Trans Jawa,” katanya.

Sedangkan untuk arus balik, Bekti memperkirakan, pergerakan penumpang akan mulai terjadi pada H+1 Lebaran meskipun puncak arus balik baru akan terjadi pada akhir pekan. “Di Terminal Giwangan juga akan dilakukan pemberangkatan program balik gratis pada 8 Juni,” katanya.

Sementara itu, untuk arus mudik di sejumlah stasiun utama di Daerah Operasi 6 Yogyakarta, yaitu di Stasiun Tugu Yogyakarta dan Stasiun Lempuyangan masih cukup ramai.

Total jumlah penumpang pada H-3 Lebaran untuk kereta utama mengalami kenaikan sekitar 32 persen dibanding tahun sebelumnya yaitu 134.121 orang dari jumlah penumpang tahun lalu sebanyak 101.570 penumpang.

Selain banyaknya penumpang yang turun di Yogyakarta, jumlah penumpang yang naik dari Stasiun Tugu juga masih cukup tinggi yaitu mencapai 10.099 penumpang atau naik 30 persen dibanding tahun lalu sebanyak 7.778 penumpang.

Sedangkan penumpang yang naik dari Stasiun Lempuyangan juga mengalami kenaikan sekitar delapan persen dibanding tahun lalu yaitu 5.321 penumpang dari 4.921 penumpang.

Pewarta: Eka Arifa Rusqiyati
Editor: Yuniardi Ferdinand
COPYRIGHT © ANTARA 2019