Jakarta (ANTARA) - Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) menyatakan sebanyak 158 purwarupa desain laik industri yang dihasilkan dari pendanaan Program Pengembangan Teknologi Industri (PPTI) selama periode 2016-2018.

"Banyak yang telah dihasilkan oleh PPTI dan Insinas (Insentif Riset Sistem Inovasi Nasional) berupa purwarupa desain laik industri yang telah teruji di lingkungan sebenarnya dan sebagian telah dikomersialisasikan," kata Direktur Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kemristekdikti Muhammad Dimyati dalam Pameran Pengembangan Teknologi Industri 2019 atau Industrial Technology Development (ITD), Jakarta, Rabu.

Selain itu, sebanyak 574 purwarupa skala laboratorium yang dihasilkan dari Program Insentif Riset Sistem Inovasi Nasional (Insinas) dari tahun 2015-2018.

Hasil penelitian dan pengembangan tersebut meliputi bidang antara lain pangan, energi, kesehatan, transportasi serta pertahanan dan keamanan.

Dia mendorong agar peneliti atau perekayasa terus menghasilkan produk teknologi dan inovasi yang dibutuhkan masyarakat dan industri untuk kemudian siap dikomersialisasikan.

Sebanyak 59 purwarupa hasil penelitian dan pengembangan dipamerkan di Pameran Pengembangan Teknologi Industri 2019 (Industrial Technology Development/ITD) yang diselenggarakan pada 24-25 Juli 2019 di Jakarta.

Purwarupa tersebut merupakan skala laboratorium dan laik industri yang didanai Program Insentif Riset Sistem Inovasi Nasional dan Program Pengembangan Teknologi Industri.

**3***
 

Pewarta: Martha Herlinawati S
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2019