Medan (ANTARA) - Kepala Dinas Sejarah Angkatan Darat Brigjen TNI Eddy S Siahaan mengatakan Disjarahad merupakan salah satu Badan Pelaksana Pusat di jajaran TNI AD yang mempunyai tugas pokok membina Fungsi Kesejarahan AD.

"Dalam melaksanakan tugas pokoknya, Disjarahad melaksanakan lima fungsi pembinaan yaitu pembinaan dokumen sejarah, penulisan sejarah, perpustakaan, museum dan monumen, serta tradisi," kata Eddy, dalam sambutannya pada Sosialisasi Pembinaan Dokumen Sejarah, Penulisan Sejarah & Perpustakaan di Makodam I/BB, Medan, Rabu.

Disjarahad, menurut dia, sebagai pengemban fungsi Kesejarahan Angkatan Darat memandang perlu untuk melaksanakan kegiatan asistensi ini sekaligus untuk melihat sampai sejauh mana penyelenggaraan pengelolaan dokumen sejarah, penulisan sejarah dan perpustakaan di Kodam I/BB.

"Saya berharap dengan diselenggarakannya kegiatan ini dapat dimanfaatkan sebagai sarana untuk sharing tentang permasalahan atau kendala yang dihadapi satuan dalam melakukan pembinaan di bidang Doklistika dalam rangka mendukung tugas pokok TNI AD," ujarnya.

Eddy menyebutkan, bahwa keberadaan dokumen satuan adalah sebagai alat bukti yang valid, otentik dan faktual.Artinya bahwa sebuah dokumen dapat dijadikan sebagai sumber utama penulisan sejarah satuan, sejarah biografi maupun sejarah peristiwa.

Begitu juga dengan buku-buku koleksi di perpustakaan, sangatlah penting keberadaannya terutama dalam upaya menambah wawasan dan pengetahuan agar intelektualitas prajurit dan ASN terjaga guna meningkatkan profesionalitas personel satuan, dalam mendukung tugas satuan, kata jenderal bintang satu itu.

"Semoga dengan dilaksanakannya kegiatan ini, segenap prajurit dan ASN Kodam I/BB yang diberikan tugas untuk menangani dokumen sejarah satuan, penulisan sejarah dan perpustakaan satuannya mendapat pencerahan dari Tim Disjarahad, serta mampu mengaplikasikan dalam pelaksanaanya," katanya.

Kegiatan Sosialisasi Asistensi Pembinaan Dokumen Penulisan Fungsi Sejarah TNI AD diikuti perwakilan Prajurt dan ASN jajaran Kodam I/BB, serta perwakilan satuan jajaran Badan Pelaksana (Balak) Kodam I/Bukit Barisan.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kasdam I/BB Brigjen TNI Hassanudin, Kapok Sahli Pangdam I/BB, Aspers Kasdam I/BB,Kainfalahtadam I/BB, dan Para Danyon BS wilayah Medan.

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2019