Surabaya,(ANTARA News) - Sebanyak 4.000 prajurit Pasukan Marinir - 1 (Pasmar-1) menjalani tes HIV/AIDS secara bertahap mulai 22 Juni hingga 26 Juni 2009.

Kegiatan tes HIV/AIDS bagi prajurit marinir itu dibuka secara resmi oleh Aspers Kaspasmar-1 Letkol Marinir Amir Faisol di gedung Bapra Edianto, Brigif-1 Marinir, Gedangan, Sidoarjo, Senin.

Tes itu dilaksanakan tim dari Dinas Kesehatan TNI AL di bawah pimpinan Kolonel Laut (KH/W) Nur Trisnawati dengan dibantu para prajurit Batalyon Kesehatan-1 Marinir.

"Itu merupakan program dari Mabesal untuk mewujudkan anggota TNI AL, PNS, dan keluarganya yang sehat dan terhindar dari ancaman HIV/AIDS," kata Kolonel Laut (KH/W) Nur Trisnawati.

Menurut dia, tes HIV/AIDS bertujuan melindungi keluarga besar TNI AL dari risiko penularan HIV/AIDS, sekaligus untuk mengetahui status HIV/AIDS secara lebih dini.

Menurut anggota tim Dinas Kesehatan TNI AL, Letkol Laut (KH) Dr. Herjunianto, penularan HIV/AIDS bisa melalui darah, cairan sperma, cairan vagina, dan air susu ibu.

"Untuk pencegahannya bisa melalui A atau abstinensi (tidak melakukan hubungan seks bagi yang belum menikah), kemudian B atau Be Faithfull (setia pada satu pasangan), C atau Condom (memakai kondom), dan terakhir adalah D atau drug (tidak menggunakan narkoba)," katanya.(*)

Pewarta: imung
Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2009