Jakarta (ANTARA News) - Direktorat I Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri menangkap satu tersangka kasus perampokan di 12 lokasi yang mengakibatkan empat polisi dan tiga orang lainnya tewas.

Wakil Direktur I Bareskrim Kombes Pol M Iriawan di Jakarta, Senin, mengatakan, tersangka bernama Ru alias An alias Ar (28) tertangkap di Sumatera Utara.

Polisi menduga tersangka Ru ikut membantu AR alias YS dalam merampok dan membunuh polisi serta warga lain.

AR telah tertangkap di Ngawi, Jawa Timur di rumah isterinya, pekan lalu.Ru ditangkap Mabes Polri di Kacangan, Langkat, Sumatera Utara saat sedang tidur di rumah isterinya.

Kedua tersangka diduga terlibat aksi perampokan dan membunuh korban serta polisi di Medan, Jambi, Riau, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Ngawi.

Kejahatan yang pernah dilakukan mereka antara lain merampok uang Rp750 juta hasil penjualan sawit, Sumatera Utara tahun 2005.

Seorang polisi berpangkat aiptu yang mengawal uang tewas ditembak tersangka. Tersangka lalu kabur ke Garut dan beberapa tempat di Jawa dan sempat menikah di Garut, Desember 2009.

Pada Pebruari 2010, keduanya hendak merampok salah satu toko di Garut namun mobil yang dinaiki bersenggolan dengan kendaraan polisi Briptu Wahyu. Keduanya mengejar polisi itu lalu menembak mati korban.(S027/A011)

Pewarta: adit
Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2010