Jakarta (ANTARA News) - Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) memperkirakan 1,8 juta angkatan kerja baru akan memasuki pasar tenaga kerja pada 2011.

"Untuk itu, sumber utama pertumbuhan diharapkan berasal dari kegiatan investasi khususnya sektor riil yang menyerap tenaga kerja," kata Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Armida Salsiah Alisjahbana di Jakarta, Kamis.

Menurutnya, dengan target pengangguran terbuka turun menjadi 7,3 persen pada 2011, maka investasi terutama di sektor iriil perlu didorong lebih kuat lagi.

Ia mengatakan, pertumbuhan ekonomi yang diperkirakan mencapai 6,3 persen akan membuka banyak lapangan kerja sehingga menyerap tenaga kerja.

Armida mengatakan, untuk menumbuhkan sektor riil, maka pengembangan industri manufaktur dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah menjadi sangat startegis.

Sementara untuk menciptakan iklim investasi yang baik, pemerintah pusat dan daerah perlu bersineji.

Pada 2011, diperkirakan perekonomian akan lebih baik dibandingkan 2010, seiring dengan pemulihan ekonomi global, namun investasi sektor riil tetap perlu digenjot.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan pada 2011 investasi bisa meningkat 11 persen, dari tahun ini yang sebesar 8 persen. (*)

M041/S006/AR09

Pewarta: mansy
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2010