Jakarta (ANTARA News) - Pengusaha Sandiaga Salahhuddin Uno (41), yang mencalonkan diri sebagai ketua umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia periode 2010-2015, menegaskan komitmennya untuk ikut membangun usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Saat mendeklarasikan pencalonannya sebagai ketua umum Kadin dalam sebuah seremoni di gedung Djakarta Teater di Jakarta, Rabu malam, ia mengatakan UMKM merupakan salah satu penopang perekonomian yang harus diperkuat untuk mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang berkualitas dan merata.

"Sebanyak 99 persen pelaku usaha di Indonesia bergerak di UMKM, di 33 provinsi mayoritas UMKM. Makanya ekonomi Indonesia harus digawangi kebijakan yang berpihak ke UMKM," katanya.

Sebagai organisasi yang menaungi para pelaku usaha di daerah, ia mengatakan, Kadin harus mendorong penerapan kebijakan yang berpihak kepada UMKM.

Kadin, lanjut dia, juga harus menjadi penggerak UMKM dan membantu mereka memanfaatkan potensi daerah untuk menumbuhkan perekonomian.

"Kadin harus meningkatkan partisipasi ekonomi pengusaha kecil dan menengah," katanya.

Dia juga berharap ke depan UMKM bisa membangun merek global.

Gagasan Sandiaga untuk membangun UMKM dengan mengoptimalkan pemanfaatan potensi sumber daya daerah tersebut mendapat dukungan dari sejumlah ketua dan perwakilan Kadin daerah.

Sandiaga Uno merupakan salah satu kandidat ketua umum Kadin Indonesia yang akan bersaing dalam pemilihan yang dilakukan pada Musyawarah Nasional Kadin Indonesia VI di Jakarta tanggal 24-25 September 2010.

Selain dia, ada empat calon lain yakni Adi Putra Tahir, Suryo Bambang Sulisto, Chris Kanter dan Wishnu Wardhana. (M035/K004)

Pewarta: NON
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2010