Jakarta (ANTARA News) - Pemusatan latihan di Austria bagi tim nasional U-23 yang akan diturunkan pada ajang SEA Games (SEAG) 2011 di Tanah Air diundur dari jadwal semula 17 Mei.

Deputi Bidang Teknis Badan Tim Nasional (BTN) Iman Arif di Jakarta Senin mengatakan, sesuai dengan rencana yang telah dibuat bersama dengan Satlak Program Indonesia Emas (PRIMA), pemusatan latihan di Austria akan dilaksanakan setelah Hari Raya Idul Fitri.

"Sesuai jadwal pemusatan latihan di Austria antara 5 September hingga 17 Oktober nanti. Pemain terpilih akan diberangkatkan termasuk pelatih (Rahmad Darmawan)," katanya.

Untuk mengisi waktu setelah seluruh pemain menjalani Diklat Pembentukan Karakter di Pusdikpassus Batujajar Bandung, 5-21 Mei, seluruh pemain terpilih dalam seleksi tahap dua yang akan dilaksanakan 24 Juni samapi 2 Juli akan menjalani pemusatan latihan singkat.

Pemusatan latihan singkat tersebut, kata dia, akan dilaksanakan di Batu Malang antara 4-13 Juli nanti. Setelah itu seluruh pemain timnas U-23 akan turun pada kejuaran Piala AFF 16-24 di Palembang Sumatra Selatan.

"Setelah Piala AFF, seluruh pemain diberi kesempatan libur. Setelah itu kembali menjalani pemusatan latihan antara 1-19 Agustus. Untuk lokasinya belum ditentukan. Antara Jakarta dan Malang," katanya menambahkan.

Timnas U-23 yang terdiri dari pemain Indonesia Super League (ISL), Divisi Utama, pemain naturalisasi dan Liga Primer Indonesia (LPI) mulai berkumpul di Jakarta, Senin. Selanjutnya seluruh pemain yang dipanggil yaitu 46 pemain menjalani tes kesehatan hingga Jumat (6/5).

Setelah itu seluruh pemain menjalani Diklat Pembentukan Karakter di Pusdikpassus Batujajar Bandung. Berikut nama pemain yang dipanggil oleh BTN 17 diantaranya adalah Kurnia Mega (kiper), Rifky Mokodompit (kiper), Andritany Ardhiyasa (kiper), Diego Michiles, Heery Susilo, Irfan Raditya, Gunawan Dwi Cahyo, Abdul Rahman, Ruben Wuarbanaran, Fauzan Djamal, Hasyim Kipauw, Nanak Ngurah Wahyu.

Stevie Bonsapia, Zulham Zamrun, Hendro Siswanto, Egi Melgiansyah, Mahardiga Lasut, Ferdinand Sinaga, Dendi Santoso, Stefano Lilipaly, Joko Sasongko, Ramdan Lestaluhu, Jajang Mulyana, Yongky Aribowo, Rishadi Fauzi, Joey Suk, Titus Bonai, Oktovianus Maniani dan Lucas Mandowan.

Sedangkan pemain dari LPI adalah Kim Jeffery Kurniawan, Andik Vermansyah, Syamsul Arif, Irfan Bachdim, Ardian, Hendra Wijaya, Yoseph Ostanika, Andrid Wibawa, Sansan Fauziah, Wirya Kumandra, Fathul Adha, Ngurah Komang, Egi Hermawan, Syafrudin Tahar, Yance Yowey, Yunet HW dan Rahmad Hidayat.

Ditanya masalah anggaran, Iman Arif, menjelaskan untuk pelatnas SEA Games 2011 anggaran yang diajukan ke Satlak PRIMA mencapai Rp22 miliar. Dana tersebut di luar dana yang digunakan untuk persiapan Pra Piala Dunia 2014.

"Untuk pemusatan latih di Austria anggaran yang diajukan sekitar Rp3 miliar," kata mantan Ketua BTN itu.

Iman menjelaskan, seluruh tahapan yang dibentuk serta anggaran dana yang ada berlaku jika Indonesia tidak diberi sanksi tegas oleh FIFA terkait dengan kemelut yang terjadi di federasi sepak bola Indonesia itu.

(B016/I015)

Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2011