Jakarta (ANTARA/JACX) – Sebuah unggahan video di TikTok menarasikan bahwa Timnas Uzbekistan tertangkap kamera diduga sedang menhirup doping dan akan dimasukkan ke daftar hitam atau blacklist.

Diketahui ramai video yang ditangkap oleh media Vietnam, Soha, menampilkan momen Pemain Uzbekistan, Khoshimov menghirup benda putih dari tim medis Serigala Putih. Setelah beberapa kali menghirup, Khoshimov langsung bugar bahkan mengancam gawang Indonesia dengan tembakan jarak jauh yang sedikit meleset dari gawang.

Berikut narasi dalam unggahan tersebut:

“Temukan kecurangan hirup diping Uzbekistan resmi diblacklist”

Berikut transkrip video tersebut:

“Timnas Uzbekistan secara mengejutkan diblacklist dari semua turnamen FIFA dan AFC. Keputusan ini menyusul temuan yang mengungkap praktik curang yang dilakukan oleh tim tersebut dalam piala Asia, kini mengguncang komunitas sepak bola internasional. Praktik-praktik curang tersebut mencakup berbagai hal mulai dari upaya mempengaruhi hasil pertandingan hingga penggunaan doping dilaporkan bahwa jumlah pemain dan staf pelatih terlibat dalam skema ini. Ini sangat lah tajam FIFA dan AFC otoritas tertinggi dalam sepak bola dunia segera mengambil langkah tegas. Mereka mengeluarkan pernyataan resmi yang menyatakan bahwa Timnas Uzbekistan akan dilarang berpartisipasi dalam semua Turnamen yang diakui oleh ke-2 organisasi tersebut.”

Namun, benarkah AFC blacklist Uzbekistan karena hirup doping?

 

Unggahan video yang menarasikan Timnas Uzbekistan hirup dopping, AFC dan FIFA blacklist Uzbekistan. (TikTok)
Penjelasan:

Berdasarkan penelusuran, tidak ada pernyataan resmi yang menarasikan Timnas Uzbekistan diblacklist oleh AFC dan FIFA. Dilansir dalam laman resmi FIFA, Uzbekistan sudah dipastikan akan mengikuti cabang olahraga Sepak Bola Putra pada Olimpiade 2024 di Paris. 

Sehingga, klaim Uzbekistan dimasukkan ke daftar hitam FIFA merupakan keliru. Diketahui striker Uzbekistan menghirup amonia saat pertandingan melawan Timnas Indonesia U-23 untuk memacu pernafasan, yang mana penggunaan amonia diizinkan dalam olahraga.

Klaim: Timnas Uzbekistan hirup dopping, AFC blacklist Uzbekistan

Rating: Disinformasi

Cek fakta: Hoaks! Alex Ferguson komentari kekalahan Timnas Indonesia dari Irak

Cek fakta: Disinformasi! AFC akan jadwalkan ulang Indonesia vs Irak di Piala Asia 2023

Baca juga: Gol Fuki Yamada bawa Jepang juarai Piala Asia U-23 2024

Pewarta: Tim JACX
Editor: Indriani
COPYRIGHT © ANTARA 2024