Jakarta (ANTARA) - Pelaksana tugas Sekretaris Utama Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Nur Tri Aries Suestiningtyas meminta agar hasil riset dan inovasi harus bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan bisa memberikan kontribusi nyata bagi pembangunan nasional.

"Riset dan inovasi harus bisa berperan penting bagi upaya pencapaian kemajuan bangsa dan kesejahteraan rakyat," kata Nur dalam acara peluncuran Research and Innovation Week 2021 di Jakarta, Senin.

Nur menuturkan riset dan inovasi akan memberikan kontribusi nyata terhadap pembangunan nasional dalam upaya meningkatkan kemajuan dan kesejahteraan masyarakat jika hasil-hasil penelitian, pengembangan, pengkajian dan penerapan (litbangjirap) dapat didayagunakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Hasil litbangjirap juga harus dapat menjadi solusi bagi permasalahan nyata yang dihadapi masyarakat dan bangsa sehingga ujungnya adalah riset dan inovasi harus mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan bangsa Indonesia.

Nur mengatakan sampai saat ini rendahnya pemanfaatan hasil riset dan inovasi masih menjadi isu utama dalam pembangunan ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai pendorong pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Terkait dengan permasalahan tersebut pemerintah melalui BRIN memiliki kewajiban sekaligus wewenang untuk terus menerus mendorong hasil riset dan inovasi dapat termanfaatkan secara optimal.

Menurut Undang-undang Nomor 11 Tahun 2019 tentang Sistem Nasional Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, pemerintah pusat wajib menjamin pemanfaatan hasil litbangjirap dalam bentuk invensi dan inovasi untuk pembangunan nasional.

Sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 78 Tahun 2021, BRIN terus mendorong dan mengupayakan hasil-hasil riset dan inovasi termanfaatkan secara baik oleh seluruh pengguna teknologi termasuk masyarakat, usaha mikro, kecil dan menengah, pemerintah, dan perusahaan pemula.

Untuk mengatasi permasalahan itu, salah satu upaya yang dilakukan BRIN adalah mengadakan Pekan Riset dan Inovasi 2021 pada 13-17 Desember 2021, di mana di dalamnya terdapat diskusi grup terfokus terkait rekomendasi industri untuk pemanfaatan riset dan inovasi.

Dalam pekan riset yang mengusung tema Memperluas Kolaborasi, Meningkatkan Komersialisasi (Expanding Collaboration, Improving Commercialization), ada juga diskusi grup terfokus terkait kajian pemanfaatan riset dan inovasi untuk peningkatan daya saing usaha kecil menengah atau industri kecil menengah.

BRIN juga mendorong seluruh unsur di Indonesia dapat berkontribusi positif dalam menciptakan ekosistem riset dan inovasi yang kondusif dan mampu berdampak bagi pertumbuhan ekonomi nasional.
Baca juga: BRIN gelar Pekan Riset dan Inovasi 2021 untuk komersialisasi riset
Baca juga: Peneliti BRIN: Tingkatkan capaian vaksinasi COVID-19 dosis lengkap
Baca juga: BRIN perkuat penguasaan teknologi nuklir

Pewarta: Martha Herlinawati Simanjuntak
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2021