Shanghai (ANTARA) - Saham-saham China berakhir jatuh pada perdagangan Selasa, terpukul oleh saham konsumen dan "metaverse", karena investor membuang aset-aset berisiko di tengah memburuknya krisis Ukraina, sementara kekhawatiran atas putaran baru tindakan keras peraturan di sektor teknologi juga membebani sentimen.

Indikator utama Bursa Efek Shanghai, Indeks Komposit Shanghai (SSEC) merosot 0,96 persen atau 33,47 poin menjadi menetap di 3.457,15 poin, sementara indeks saham unggulan China CSI300 anjlok 1,30 persen atau 60,16 poin menjadi berakhir di 4.574,15 poin.

Kerugian utama, sektor kebutuhan pokok konsumen merosot 2,61 persen, sementara indeks sub-sektor yang melacak perusahaan komik, anime dan game anjlok 5,04 persen.

Duta Besar China untuk PBB menyerukan semua pihak yang terkait dalam krisis Ukraina untuk menahan diri dan menghindari tindakan apa pun yang dapat memicu ketegangan, setelah Presiden Rusia Vladimir Putin mengakui dua wilayah yang memisahkan diri di Ukraina timur sebagai wilayah yang merdeka.

Kekhawatiran investor atas potensi gelombang baru tindakan keras regulasi di perusahaan teknologi China memicu penurunan tajam dalam saham teknologi termasuk saham konsep "metaverse" dan raksasa pengiriman makanan Meituan.

Pihak berwenang China telah memberi tahu perusahaan milik negara dan bank untuk memulai pemeriksaan baru pada eksposur keuangan mereka dan tautan lain ke Ant Group Co Ltd, Bloomberg News melaporkan pada Senin (21/2/2022), mengutip orang-orang yang mengetahui masalah tersebut.

Investor global membuang saham-saham berat indeks Saham-A China termasuk Kweichow Moutai, hambatan terbesar pada indeks blue-chip.

Melawan kemerosotan pasar yang lebih luas, indeks energi CSI300 dan indeks sumber daya CN masing-masing naik 1,51 persen dan 1,41 persen, sementara saham di sebagian besar penambang emas China juga melonjak karena harga minyak dan emas yang lebih tinggi.

Indeks Shenzhen yang lebih kecil berakhir turun 1,24 persen dan indeks Komposit ChiNext melemah sebesar 1,379 persen.

Baca juga: Saham China dibuka jatuh, Indeks Shanghai merosot 0,5 persen
Baca juga: Saham China ditutup beragam, Indeks Shanghai turun tipis 0,15 poin
Baca juga: Saham China dibuka bervariasi, indeks Shanghai tergerus 0,07 persen

Pewarta: Apep Suhendar
Editor: Faisal Yunianto
COPYRIGHT © ANTARA 2022