Palembang (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Sumatera Selatan memprakirakan wilayah setempat mengalami hujan lebat, Jumat.

Siaran pers BMKG terima, Jumat pagi bahwa cuaca diprakirakan cerah berawan hingga berpotensi hujan ringan di wilayah Muara Enim, Lahat, Pagar Alam dan Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan.

Sedangkan pada siang hingga sore hari diprakirakan berawan hingga berpotensi hujan sedang - lebat di wilayah Ogan Komering Ilir (OKI), Banyuasin, Musi Banyuasin, Musi Rawas, OKU Selatan, Muara Enim, Palembang, dan Ogan Ilir.

Adapun yang berpotensi hujan ringan pada siang hingga sore hari di wilayah OKU, OKU Timur, Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) dan Prabumulih.

Pada malam hari, cuaca diprakirakan berawan hingga berpotensi hujan sedang - lebat di wilayah Musi Banyuasin, Musi Rawas, PALI, Muara Enim, Lahat, Pagar Alam, Prabumulih, OKU Selatan, dan OKU Timur.
Sedangkan yang berpotensi hujan ringan pada malam hari di wilayah Lubuk Linggau, Musi Rawas Utara, Palembang, dan Ogan Ilir.

Pada dini hari, cuaca diprakirakan berawan hingga berpotensi hujan ringan di wilayah OKU Timur, OKU Selatan, OKI, Banyuasin, Palembang dan Ogan Ilir.

Suhu udara di wilayah Sumsel dataran rendah sekitar Palembang, Banyuasin, Musi Banyuasin, Ogan Ilir dan OKI berkisar 23 – 32 °C, Kelembapan Udara 60 persen - 98 persen.

Suhu udara di wilayah Sumsel dataran tinggi sekitar Pagar Alam, Empat Lawang, Lubuk Linggau, Lahat dan OKU Selatan berkisar 20 – 31 °C dengan kelembapan udara 65 persen - 100 persen.

Angin dari Barat Laut – Timur Laut dengan kecepatan 5 – 25 km/jam.

Tinggi gelombang laut di Selat Bangka bagian Utara dan di Selat Bangka bagian Selatan 0,5 - 1,25 meter, dan di Selat Gelasa 0,1 - 0,5 meter. Cuaca diprakirakan hujan ringan, arah angin dari Tenggara - Barat Daya dengan kecepatan 4 - 40 km/jam.

Berdasarkan prakiraan cuaca tersebut, BMKG Sumsel mengeluarkan peringatan dini untuk mewaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang - lebat yang dapat disertai petir/kilat dan angin kencang berdurasi singkat pada siang hingga malam.

Adapun wilayahnya meliputi OKI, Banyuasin, Musi Banyuasin, Musi Rawas, PALI, Muara Enim, Lahat, Pagar Alam, Prabumulih, OKU Selatan, OKU Timur, Palembang, dan Ogan Ilir.
Baca juga: BMKG: Sumsel potensi berawan hingga hujan lebat
Baca juga: BMKG: Warga Sumsel waspadai hujan lebat disertai petir
Baca juga: BMKG: Suhu udara di Sumsel berkisar 24-35 derajat celcius

Pewarta: Dolly Rosana
Editor: Muhammad Yusuf
COPYRIGHT © ANTARA 2022