Kapuas Hulu (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat mempersiapkan keberangkatan 59 calon haji dari daerah itu ke Tanah Suci, Mekkah, untuk menunaikan ibadah haji pada tahun ini.

"Keberangkatan calon haji itu harus benar-benar dipersiapkan, jangan sampai calon haji ada kendala," kata Wakil Bupati Kapuas Hulu Wahyudi Hidayat saat memimpin rapat persiapan keberangkatan calon haji di Putussibau, Kamis.

Dia mengatakan dalam keberangkatan calon haji juga perlu dilakukan koordinasi yang baik, terutama untuk bidang kesehatan.

Menurut dia, para calon haji juga perlu mempersiapkan diri, baik mental maupun kesehatan, agar lancar dalam melaksanakan ibadah haji, mulai dari keberangkatan hingga pulang dari Tanah Suci ke Indonesia.

Baca juga: Kemenag Belitung: Jamaah calon haji jaga kekompakan

Dia mengatakan sebelumnya para calon haji telah dibekali tata cara dalam melaksanakan ibadah haji dengan manasik haji.

"Semoga tidak ada kendala selama perjalanan hingga melaksanakan ibadah haji dan kembali ke Kapuas Hulu menjadi haji mabrur, " ujarnya.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kapuas Hulu Syahrul menjelaskan kuota haji tahun ini ada pengurangan dari pihak Arab Saudi, sehingga berdampak juga terhadap jumlah calon haji di Kapuas Hulu.

Sebelumnya, kata dia, kuota calon haji sebanyak 128 orang, namun karena kebijakan Arab Saudi terjadi pengurangan calon haji di Indonesia dan Kapuas Hulu mendapatkan kuota 59 orang.

"Kita harapkan calon haji benar-benar mempersiapkan diri, terutama kesehatan," katanya.

Pemberangkatan calon haji asal Kapuas Hulu akan dilaksanakan pada Minggu (12/6). Mereka  akan bergabung dengan kelompok terbang calon haji di Pontianak.

Baca juga: Kemenag: Paket ziarah di Madinah tidak dipungut biaya
Baca juga: 413 petugas haji Daker Mekkah diberangkatkan ke Tanah Suci
Baca juga: Pemkab: 440 calon haji Bantul akan diberangkatkan dalam dua kloter

 

Pewarta: Teofilusianto Timotius
Editor: M. Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2022