Jakarta (ANTARA) - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Bintang Puspayoga menyerahkan 560 paket bantuan spesifik anak kepada anak-anak di Muara Angke, Jakarta Utara, Rabu.

"Tanggal 13 ini, kami melakukan kegiatan sosial di beberapa titik yang kami pusatkan di RPTRA di Muara Angke," kata Menteri Bintang dalam acara "Peduli Anak Pasca Pandemi COVID-19 Melalui Bakti Sosial untuk Anak" di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Angke Interaktif, Jakarta Utara, Rabu.

Selain itu, pihaknya juga menyerahkan bantuan makanan bergizi berupa ikan olahan kepada anak-anak di tujuh lokasi, yakni Bantar Gebang sebanyak satu ton, Kampung Pemulung Cinere 100 kg, Sekolah Darurat Kartini 100 kg, Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Jakarta 70 kg, LPKA Tangerang 250 kg, Keboen Sastra 50 kg, dan Yayasan Ukhuwah Sosial Lestari 50 kg.

Baca juga: Kemensos selenggarakan Hari Anak Nasional di wilayah 3T

Pemberian bantuan ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan peringatan Hari Anak Nasional 2022.

"Ini salah satu kegiatan yang disiapkan oleh Kementerian PPPA bekerja sama dengan Kementerian/Lembaga terkait, termasuk pemda/pemprov yang diadakan di Muara Angke," kata Deputi Bidang Perlindungan Khusus Anak Kementerian PPPA, Nahar.

Pihaknya berharap anak-anak penerima bantuan dapat merasakan kegembiraan dan mengetahui bahwa mereka memiliki hari khusus, yakni Hari Anak Nasional.

Hari Anak Nasional (HAN) yang diperingati pada 23 Juli merupakan momentum penting untuk mengampanyekan pemenuhan hak anak atas hak hidup, tumbuh, berkembang dan berpartisipasi secara wajar sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi.

Baca juga: Peringatan Hari Anak Nasional 2022 akan digelar di Lombok Timur

Baca juga: BKKBN tekankan gotong royong pada program Bapak Asuh Anak Stunting


"Di lokasi-lokasi diselenggarakannya rangkaian kegiatan ini, kita harapkan mereka (anak-anak) merasakan bahwa mereka punya hari khusus, dimana orang-orang juga harus punya perhatian khusus kepada anak-anak agar pemenuhan hak anak dan perlindungan, khususnya bisa dilaksanakan dengan sebaik-baiknya," katanya.

Acara tersebut dihadiri Ketua Umum Komnas Perlindungan Anak Arist Merdeka Sirait dan Ketua Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI) Seto Mulyadi.

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2022