Balikpapan (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika memprakirakan delapan dari 10 daerah di Kalimantan Timur diguyur hujan disertai petir pada Kamis-Jumat (1-2/9), sementara dua daerah yaitu Kabupaten Kutai Timur dan Kota Bontang hanya mendung hingga hujan ringan.

"Hujan petir tersebut juga disertai angin kencang sehingga semua pihak harus selalu waspada terhadap dampaknya," kata Prakirawan Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan BMKG Balikpapan Carolina Meylita Sibarani di Balikpapan, Rabu.

Dampak dari petir yang dapat disertai dengan angin kencang antara lain banjir, sungai meluap, jalan licin, pohon tumbang, tanah longsor, dan kemungkinan lain sehingga kehati-hatian harus diutamakan oleh semua pihak.

Baca juga: BMKG deteksi 13 titik panas di Kaltim

Peringatan dini terhadap prakiraan cuaca ini pun telah disampaikan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) di provinsi dan kabupaten/kota, agar dilakukan antisipasi untuk meminimalkan dampaknya terhadap masyarakat.

Delapan daerah yang diprakirakan mengalami hujan petir tersebut adalah Kota Balikpapan pada Jumat dini hari sekitar pukul 02.00 Wita terjadi di Kecamatan Balikpapan Timur, pukul 05.00 Wita di Kecamatan Balikpapan Timur, Balikpapan Selatan, dan Kecamatan Balikpapan Tengah.

Untuk Kota Samarinda pada Jumat pagi atau sekitar pukul 05.00 Wita, terjadi di empat kecamatan, yakni Kecamatan Loa Janan Ilir, Sungai Kunjang, Samarinda Seberang dan Kecamatan Palaran.

Baca juga: 14 titik panas terdeteksi di Kaltim

Kabupaten Paser pada Kamis siang terjadi di Kecamatan Muara Samu, pada Jumat dini hari dan pagi terjadi di Kecamatan Long Ikis, Long Kali dan Kecamatan Tanjung Harapan.

Di Kabupaten Kutai Barat, pada Jumat pagi sekitar pukul 05.00 Wita, hujan petir diprakirakan terjadi Kecamatan Bongan dan Penyinggahan, sementara kecamatan lainnya hujan ringan.

"Untuk Kabupaten Penajam Paser Utara, hujan petir diprakirakan terjadi pada Jumat pagi pukul 05.00 dan 08.00 Wita di Kecamatan Penajam, Babulu dan Kecamatan Waru," ujar Carolina.

Baca juga: BMKG prakirakan sembilan daerah di Kaltim hujan petir

Baca juga: Delapan daerah di Kaltim diprakirakan alami hujan pada Sabtu

Pewarta: M.Ghofar
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2022