Kendari (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kendari, Sulawesi Tenggara mengingatkan agar mewaspadai potensi hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang dapat terjadi di daerah tersebut.

"Peringatan dini cuaca Sulawesi Tenggara tanggal 8 Oktober 2022 berpotensi terjadi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang pada hari ini hingga pukul 19.00 Wita," kata Koordinator Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Maritim Kendari Faisal Habibie dalam keterangan di Kendari, Sabtu

Faisal menjelaskan 14 daerah dari 17 kabupaten/kota di Sultra potensi dilanda hujan sedang hingga lebat di antaranya Kabupaten Konawe di Kecamatan Meluhu, Amonggedo yang dapat meluas ke Soropia, Latoma, Routa, Anggaberi, dan Anggotoa.

Kemudian di Kabupaten Konawe Selatan berpotensi di Kecamatan Wolasi, Baito dapat meluas ke Palangga, Moramo, Moramo Utara, Buke, dan Laeya. Di Kabupaten Konawe Utara berpotensi di Lembo dapat meluas ke Asera, dan Lasolo.

Baca juga: BMKG: Empat daerah di Sultra potensi dilanda hujan sedang hingga lebat

Baca juga: BMKG imbau waspada potensi hujan lebat guyur sembilan daerah di Sultra


Selanjutnya di Kabupaten Kolaka potensi hujan sedang hingga lebat dapat mengguyur Kecamatan Wundulako, Kolaka, Pomalaa, Wolo, Baula, Tanggetada, Iwoimendaa yang dapat meluas ke Watubangga, Latambaga, Samaturu, dan Polinggona.

Di Kolaka Timur potensi hujan sedang hingga lebat dapat mengguyur Kecamatan Lalolae, Mowewe, Uluiwoi, dan Ueesi; Di Kolaka Utara potensi hujan sedang hingga lebat dapat mengguyur KecamatanBatu Putih, Pakue Tengah, Pakue Utara, Porehu, Tolala yang dapat meluas ke Pakue, Ngapa, Wawo, dan Watunohu.

Selanjutnya di Kabupaten Buton potensi hujan sedang hingga lebat dapat mengguyur Kecamatan Kapontori, Lasalimu, Lasalimu Selatan, Siotapina, dapat meluas ke Pasarwajo, Wolowa, dan Wabula; Di Kabupaten Buton Selatan berpotensi di Kecamatan Batauga, Sampolawa, dan Lapandewa.

Di Kabupaten Buton Utara potensi hujan sedang hingga lebat dapat mengguyur Kecamatan Kambowa; Lalu di Kabupaten Buton Tengah potensi hujan dapat terjadi di Kecamatan Lakudo, Gu, dan Sangia Wambulu.

Berikutnya potensi hujan sedang hingga lebat dapat mengguyur Kabupaten Wakatobi utamanya di Kecamatan Tomia, dan Tomia Timur yang dapat meluas ke Binongko, dan Kaledupa Selatan.

Kemudian di Kabupaten Muna potensi hujan sedang hingga lebat dapat mengguyur Kecamatan Tongkuno, Pasir Putih, dan Pasi Kolaga.

"Potensi hujan sedang hingga lebat juga dapat meluas ke Kota Kendari di Kecamatan Kendari dan Nambo. Juga di Kota Baubau di Kecamatan Betoambari, Wolio, Sorawolio, Bungi, Kokalukuna, Murhum, Lea-lea, dan Batupoaro," katanya.

BMKG Sultra mengimbau masyarakat agar waspada dan berhati-hati terhadap dampak potensi cuaca hujan lebat yang dapat ditimbulkan seperti banjir, genangan, angin kencang, pohon tumbang, hingga jalan licin.*

Baca juga: BMKG: Wilayah Sultra potensi diguyur hujan lebat disertai petir

Baca juga: BMKG imbau waspada hujan deras mengguyur tujuh daerah di Sultra

Pewarta: Abdul Azis Senong
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2022