Jakarta (ANTARA) - Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) memberikan pendampingan atau pembinaan teknis kepada pemerintah daerah untuk membentuk ekosistem inovasi daerah untuk meningkatkan kemajuan daerah dan kesejahteraan masyarakat.

Baca juga: BRIN dan Brida bantu pemda wujudkan pembangunan berkelanjutan

Baca juga: Brida bawa solusi berbasis riset untuk majukan daerah

"Pendampingan ini sebagai proses pembentukan ekosistem inovasi daerah yang berbasis sains," kata Kepala BRIN Laksana Tri Handoko dalam acara Temu Brida dengan tema Penguatan Ekosistem Riset dan Inovasi Daerah untuk pembangunan Berkelanjutan yang diikuti virtual di Jakarta, Senin.

Handoko menuturkan pembinaan teknis tersebut meliputi fasilitasi, konsultasi, penelitian, pengembangan, pendidikan, dan pelatihan.

Melalui aktivitas riset dan inovasi, pemerintah daerah dapat menghasilkan kebijakan tepat berbasis bukti ilmiah atau sains yang berperan penting sebagai landasan pembangunan di segala bidang.


Kegiatan riset dan inovasi juga dapat membawa kemajuan bagi masing-masing pemerintah daerah dalam menjalankan sistem otonominya secara tepat. Ditambah dengan adanya koordinasi yang intensif dengan pemerintah pusat, maka diharapkan kemajuan daerah berkontribusi optimal bagi kemajuan nasional.

Handoko menuturkan pelaksanaan kebijakan, penelitian, invensi dan inovasi di daerah memerlukan rencana implementasi dan strategi yang tepat. Oleh karenanya, pembinaan teknis diperlukan dan kehadiran badan riset dan inovasi daerah (brida) di masing-masing daerah menjadi penting.

BRIN mendukung terbentuknya brida di daerah sebagai mitra di daerah yang memiliki arti penting untuk membantu penguatan pengambilan kebijakan berbasis riset, serta penguatan ekosistem riset dan inovasi bisa terjadi di seluruh level pemerintah, baik pusat maupun daerah, serta masyarakat luas.

Brida merupakan entitas baru sebagai unit di bawah pemerintah daerah. Pembentukan dan programnya dikoordinasikan dengan BRIN. Kehadiran brida diharapkan menjadi pengungkit pertumbuhan ekonomi, organisator, dan kolaborator untuk memecahkan permasalahan berbasis riset.

Handoko mengatakan pembentukan brida dapat diintegrasikan dengan perangkat daerah yang menyelenggarakan urusan pemerintahan daerah, di bidang penelitian dan pengembangan daerah. Sedangkan kerangka pembinaan teknis brida diintegrasikan dengan fungsi perencanaan pembangunan.

Baca juga: BRIN: Brida sebagai pengungkit pertumbuhan ekonomi daerah

Baca juga: Kepala BRIN dorong BRIDA memperkuat riset dan inovasi di daerah


 

Pewarta: Martha Herlinawati Simanjuntak
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2022