Bengaluru (ANTARA) - Saham-saham Eropa dibuka lebih tinggi pada perdagangan Senin, didorong oleh para penambang di tengah taruhan pemulihan permintaan di China dan lonjakan pembuat suku cadang mobil Faurecia setelah membuat perkiraan yang optimistis .

Indeks STOXX 600 pan-Eropa terangkat 0,1 persen dengan indeks sektor sumber daya dasar menguat 0,9 persen.

Harga logam industri naik di tengah harapan pemulihan permintaan dari konsumen utama China dan di tengah dukungan dari gangguan pasokan pertambangan global. Ini juga mendorong harga minyak, mengangkat saham energi Eropa sebesar 0,1 persen.

Forvia, pembuat suku cadang mobil Eropa yang lahir dari pengambilalihan Hella oleh Faurecia, memperkirakan penjualan 2023 yang optimistis, mengirim saham Faurecia hampir 5,0 persen lebih tinggi ke puncak STOXX 600.

Raiffeisen Bank International Austria merosot 6,5 persen setelah Reuters melaporkan otoritas sanksi Amerika Serikat meluncurkan penyelidikan ke pemberi pinjaman itu atas bisnisnya terkait dengan Rusia.

Pasar di seluruh dunia macet untuk sebagian besar minggu lalu setelah data inflasi AS yang lebih panas dari perkiraan menambah tumpukan bukti bahwa kenaikan suku bunga yang agresif belum mendinginkan harga untuk kepuasan Federal Reserve.

Pasar AS ditutup pada Senin untuk libur memperingati Hari Presiden.

Baca juga: Saham Eropa dibuka turun, kekhawatiran suku bunga naik muncul kembali

Baca juga: Saham Eropa dibuka lebih rendah karena Barclays dan Kering jatuh

Pewarta: Apep Suhendar
Editor: Ahmad Buchori
COPYRIGHT © ANTARA 2023