Bandarlampung (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divre IV Tanjungkarang mengatakan pihaknya telah menyiapkan sejumlah langkah demi kelancaran pada masa angkutan Lebaran 1444 Hijriah atau tahun 2023.

"Kesiapan kami dalam menghadapi arus mudik Lebaran tahun 2023, kami pertama melaksanakan kegiatan ramp check," kata Pelaksana Harian Manager Humas PT KAI Divisi Regional IV Tanjungkarang Muhammad Reza Fahlepi, di Bandarlampung, Rabu.

Baca juga: KAI Tanjungkarang: Tiket Lebaran 2023 sudah terjual 31,6 persen

Ia mengatakan bahwa kegiatan ramp check dilakukan dalam rangka menghadapi Angkutan Lebaran Tahun 2023, yang dilakukan pada tanggal 27 Februari –03 Maret bersama Direktorat Jendral Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) yang diwakili oleh Balai Teknik Perkeretaapian (BTP) Wilayah Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel).

"Inspeksi kelengkapan Standar Pelayanan Minimum (SPM) ini dilakukan baik pada sarana perkeretaapian maupun stasiun di wilayah Divre IV Tanjungkarang," kata dia.

Kemudian juga, lanjut dia, KAI Divre IV pun menyiapkan posko angkutan Lebaran guna memastikan pelaksanaan mudik tahun 2023 berjalan lancar, aman dan selamat, serta melakukan diklat terpadu petugas operasional, peningkatan pengawasan, uji petik online dan offline, safety talk dan lain-lain dalam rangka mendukung perjalanan KA di masa mudik lebaran.

"Guna antisipasi gangguan perjalanan KA selama masa Angkutan Lebaran 2023, maka dilakukan penempatan sarana posko seperti lokomotif posko, kereta pembangkit dan crane pada titik yang ditentukan," kata dia.

Sedangkan, lanjut dia, untuk gangguan prasarana juga terdapat Penempatan Alat Material Untuk Siaga (AMUS) pada lokasi yang ditentukan di seluruh Daop/Divre serta menempatkan petugas prasarana ekstra, antara lain petugas jaga jalan lintas (PJL), petugas pemeriksa jalur (PPJ), petugas daerah rawan (PDR).

"Peningkatan keamanan dan ketertiban (kamtib) dalam perjalanan KA, stasiun dan Jalur KA Melakukan koordinasi kewilayahan dengan aparat setempat, serta meningkatkan pengamanan pada daerah rawan," katanya.

Dia mengungkapkan bahwa penjualan tiket selama masa angkutan lebaran dari 12 April hingga 3 Mei 2023 relasi Tanjungakarang-Kertapati sebanyak 7.369 tiket atau tempat duduk dari ketersediaan 23.320.

"KA Rajabasa terdiri dari dua KA yakni relasi relasi Tanjungkarang – Kertapati (PP) kapasitas per hari sebanyak 530 tempat duduk sehingga totalnya sebanyak 1.060 tempat duduk per hari," kata dia.

Baca juga: KAI Tanjungkarang: Tiket KA Pemberangkatan Lebaran sudah bisa dipesan

Pewarta: Dian Hadiyatna
Editor: Ahmad Wijaya
COPYRIGHT © ANTARA 2023