Jakarta (ANTARA) - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan menyebutkan Gebyar Bazar Ramadhan di Jalan Pinus Elok RW 9, Kelurahan Penggilingan, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur, berdampak positif bagi perekonomian masyarakat.

"Semoga dengan adanya kegiatan ini dapat membantu ekonomi masyarakat. Bisa mencegah inflasi, mudah-mudahan tidak ada gejolak harga menjelang Lebaran," kata Zulkifli menjawab pers, usai menghadiri acara itu, di Jakarta, Rabu.

Pada kesempatan itu, Mendag menuturkan harga daging jenis has (tenderloin) mengalami kenaikan di pertengahan Ramadhan ini.

Dia menyebutkan, daging sapi dengan kualitas premium itu berada di angka Rp140 ribu/kilogram, sementara harga daging sapi biasa sebesar Rp120 ribu/kilogram.

"Naik sedikit Rp5.000 jadi Rp 140 ribu/kg untuk daging has," ucap Zulkifli.

Baca juga: PPKUKM Jakbar berdayakan 10 UMKM lokal dalam Bazar Ramadhan

Dia memastikan jelang Lebaran tahun ini harga sejumlah komoditas mengalami penurunan seperti beras, cabai, bawang dan telur.

Untuk memastikan agar harga tetap stabil jelang Lebaran, Kementerian Perdagangan akan secara rutin melakukan peninjauan pasar.

"Semua turun, beras turun, bawang turun, telur turun, ayam turun harganya, bawang turun," ucapnya.

Di sela-sela kegiatan itu, Mendag Zulkifli Hasan memborong minyak goreng "Minyakita", beras lima kg dan gula pasir, dan membagikannya kepada puluhan warga sekitar.

Gula pasir yang dibeli oleh Zulkifli sebanyak 50 kantong ukuran satu kilogram, beras 50 kantong berukuran lima kilogram dan 103 kantong minyak goreng Minyakita berukuran satu liter.

Baca juga: Minyakita dijual Rp14 ribu di Bazar Ramadhan Jakarta Barat

Bahkan tidak hanya itu, untuk meningkatkan produktivitas dan daya beli masyarakat, Zulkifli Hasan didampingi anggota Komisi VI DPR RI Eko Patrio dan anggota DPRD DKI Jakarta Syahroni, juga memberikan uang tunai Rp100.000 kepada pelaku UMKM di bazar tersebut.
Ketua RW 09 Poiman saat memberikan minyak goreng Minyakita kepada warga dalam Gebyar Bazar Ramadhan di Jalan Pinus Elok RW 09, Kelurahan Penggilingan, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur, Rabu (5/4/2023). ANTARA/Syaiful Hakim

Sementara itu, Ketua RW 09 Poiman menuturkan, Gebyar Bazar Ramadhan itu diselenggarakan oleh Kementerian Perdagangan, Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (PPK UKM) Provinsi DKI Jakarta, serta Sudin PPK UKM Jakarta Timur.

Acara yang diselenggarakan sejak Selasa (4/4) hingga Rabu (5/4) ini menghadirkan total 32 gerai untuk menjual beragam bahan pokok dan makanan dengan harga di bawah pasaran.

Hal itu, kata dia, menjadi daya tarik masyarakat untuk datang ke Bazar tersebut.

"Harga yang dipasarkan dari Kementerian perdagangan ini lebih murah dari harga pasar. Jadi, warga sangat antusias untuk membeli produk di sini," ucapnya.

Baca juga: Mendag bagikan sembako gratis saat Bazar Ramadhan di GOR Cengkareng

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2023