Tangerang (ANTARA) - Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Tangerang, Banten menambah pemasangan rambu lalu lintas untuk mendukung kelancaran arus mudik dan balik Lebaran 2023.

"Untuk rambu-rambu kita sudah siapkan, khususnya untuk penambahan arah jalur mudik bagi pengguna kendaraan roda dua," kata Kasatlantas Polresta Tangerang, Kompol Kompol Fikry Ardiansyah di Tangerang, Selasa.

Ia mengatakan, sejauh ini pihaknya sudah menyiapkan sejumlah penunjuk arah menuju pelabuhan Merak dan Ciwandan, seperti tolo-tolo serta rambu-rambu penunjang kelancaran arus lalu lintas lainnya.

"Nanti pemasangan itu ditunjukkan untuk informasi penyeberangan R2 itu melalui pelabuhan Ciwandan," katanya.

Ia mengungkapkan, selain menambah pemasangan sejumlah rambu-rambu lalu lintas, pihaknya juga akan melakukan perbaikan jalan di sejumlah jalur yang nantinya akan digunakan sebagai perlintasan arus mudik.

"Untuk kondisi jalan saat ini memang masih proses perbaikan, dan kita juga sudah komunikasikan dengan pihak PUPR agar nanti memasuki H-10 itu sudah selesai," ujarnya.

Sementara itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang akan segera memperbaiki jalur mudik di Jalan Nasional, Bitung - Jayanti yang menjadi salah satu ruas jalan dilalui pemudik setiap tahunnya.

Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Kabupaten Tangerang, Iwan Firmansyah Effendi mengatakan bahwa perbaikan infrastruktur jalan ini untuk menunjang kelancaran arus lalu lintas pada masa mudik Lebaran.

"Kita juga sudah koordinasikan bersama, sekiranya kondisi-kondisi jalan rusak, ringan atau sedang itu bisa diperbaiki dalam rangka mendukung jalur mudik masyarakat," katanya.

Ia menyebutkan, sebagai mendukung perbaikan di jalur mudik lainnya. Pemkab Tangerang juga tengah meminta dukungan Pemprov Banten untuk melakukan perbaikan infrastruktur khususnya terhadap jalan Teluknaga - Dadap, Tigaraksa - Malangnengah dan jalur poros tengah provinsi.

"Pak Bupati Tangerang juga sudah menyampaikan ke Pak Pj Gubernur Banten untuk melakukan perbaikan jalan, dalam rangka meningkatkan kenyamanan, keamanan masyarakat pengguna jalan," ujarnya.

Kemudian, untuk jalur alternatif seperti di Jalan Cisoka - Cangkudu juga tengah disiapkan oleh pihaknya dalam rencana dukungan perbaikan arus mudik Lebaran tahun ini.

"Seperti jalan perbatasan Kabupaten Tangerang, yaitu Cisoka - Cangkudu atau ada delapan UPT jalan untuk disiapkan perbaikan," kata dia.

Baca juga: Gubernur Jawa Barat dorong perusahaan sediakan mudik gratis
Baca juga: Jasa Marga tingkatkan kapasitas lajur Tol Japek dukung mudik Lebaran
Baca juga: Polres Ngawi pantau kesiapan jalur mudik dan balik Lebaran 2023

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2023