Jakarta (ANTARA) -
Wakil Menteri Agama (Wamenag) Zainut Tauhid Sa'adi meminta masyarakat untuk memastikan kondisi kesehatan saat hendak mudik demi kelancaran dan keamanan saat dalam perjalanan.
 
"Tetap memperhatikan aspek kesehatan, kita masih dalam proses transisi dari pandemi ke endemi COVID-19," ujar Wamenag Zainut di Jakarta, Kamis.
 
Wamenag Zainut mengatakan pemerintah sudah memberikan keleluasaan bagi masyarakat saat mudik, setelah dua kali Lebaran harus dibatasi dengan aturan-aturan pencegahan penularan.
 
Keleluasaan tersebut, kata dia, harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya dengan mengikuti setiap arahan yang disampaikan pemerintah.
 
Di sisi lain, pemerintah juga telah melakukan berbagai persiapan seperti dari aspek infrastruktur jalan, kelaikan kendaraan, hingga pelabuhan penyeberangan, demi memberikan kenyamanan kepada masyarakat.
 
"Kami dari Kemenag berharap kesempatan yang dibuka itu dimanfaatkan sebaik-baiknya dan ikuti pesan-pesan atau ketentuan-ketentuan yang telah ditetapkan pemerintah," kata Wamenag Zainut.

Baca juga: Menko PMK: Pastikan kondisi kesehatan sebelum mudik
 
Masyarakat juga, lanjutnya, bebas menggelar Shalat Id tanpa harus dibatasi dengan protokol-protokol kesehatan yang ketat.
 
"Untuk penyelenggaraan Idul Fitri juga diberikan kelonggaran, bisa digunakan di tempat-tempat ibadah, dan lapangan. Tidak ada lagi pembatasan baik itu jarak, ketentuan protokol kesehatan yang lain. Tetap menjaga kesehatan masing-masing," kata Wamenag.
 
Senada dengan Wamenag, sebelumnya Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy juga mengimbau masyarakat untuk memastikan kondisi kesehatan sebelum berangkat mudik guna menciptakan rasa aman dan nyaman selama perjalanan.
 
"Kami mengingatkan masyarakat untuk mempersiapkan diri dan memastikan kondisi kesehatan sebelum berangkat mudik guna mendukung kelancaran perjalanan mudik," kata dia.
 
Menko PMK menjelaskan jika calon pemudik merasa kurang sehat maka dianjurkan untuk menunda perjalanan mudik hingga kondisi kesehatan kembali membaik.
 
Selain itu, dia juga mengingatkan masyarakat untuk memastikan kondisi kendaraan yang akan dipergunakan untuk aktivitas mudik.

Baca juga: DPKP Surabaya beri tips aman tinggalkan rumah saat mudik Lebaran

Baca juga: Tiga hal penting untuk diketahui jika mudik dengan kendaraan pribadi

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2023