Moscow, Rusia (ANTARA) - Grup Wagner, tentara bayaran dari Rusia mengambil alih dua area di Bakhmut, Ukraina, kata Kementerian Pertahanan Rusia pada Sabtu.

"Di arah Donetsk, pertarungan paling sengit berlanjut di kota Artyomovsk," kata menteri tersebut di sebuah pernyataan. Dia menyebut area tersebut dengan nama pada era Soviet.

"Unit penyerang Wagner berhasil maju, mengambil dua area di bagian tepi utara dan selatan kota itu," tambahnya.

Pernyataan itu menyebutkan bahwa unit pasukan terjun payung tentara Rusia membantu aksi pengambilan area tersebut dengan menahan pasukan Ukraina dari bagian sisi. Reuters belum bisa mengonfirmasi laporan itu.

Wagner memimpin upaya Rusia untuk menguasai Bakhmut sejak musim semi lalu dalam pertarungan paling mematikan selama perang dua negara itu. Pemimpin Wagner, Yevgeny Prigozhin, sering mengeluhkan buruknya dukungan tentara reguler untuk grupnya.

Inggris mengatakan pada Jumat bahwa para tentara Ukraina terpaksa meninggalkan beberapa teritori di Bakhmut di saat gempuran Rusia di tempat itu semakin hebat, terlihat dari tembak-tembakan selama dua hari belakangan.

Bakhmut, yang memiliki populasi sebelum perang sekitar 70.000 orang, menjadi target utama Rusia dalam serangan musim dingin yang sejauh ini menghasilkan hanya sedikit kemajuan, meski peperangan tersebut terjadi dengan intensitas yang lebih tinggi dari perang di manapun di Eropa sejak masa Perang Dunia Kedua.

Sumber: Reuters
Baca juga: Pasukan Ukraina mundur dari Bakhmut saat Rusia lancarkan serangan baru
Baca juga: Ketua Wagner akui telah berhasil merebut 80 persen Bakhmut
Baca juga: Setelah Wagner, Rusia berencana bikin perusahaan militer swasta lagi

Pewarta: Mecca Yumna
Editor: Atman Ahdiat
COPYRIGHT © ANTARA 2023