Lampung Selatan (ANTARA) - General Manager PT. ASDP Indonesia Ferry Cabang Bakauheni mengatakan bahwa jumlah penumpang dari Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan menuju Pelabuhan Merak, Banten dari hari ke hari mengalami peningkatan pada mudik Lebaran 2023.

"Menurut data jumlah penumpang yang menyeberang dari Pelabuhan Bakauheni ke Pelabuhan Merak Banten terus meningkat" kata dia, di Bakauheni, Senin.

Ia menyampaikan, data Angkutan Lebaran 2023 di Pelabuhan Bakauheni pada 16 April 2023 pukul 08.00 WIB sampai dengan 17 April 2023 pukul 08.00 WIB. Jumlah penumpang pejalan kaki sebanyak 1.817 orang. Jumlah itu mengalami peningkatan dari hari sebelumnya yang hanya 1.734 orang.

Begitu pula dengan jumlah penumpang di atas kendaraan sebanyak 44.191 orang. Sedangkan hari kemarin hanya 36.874 orang.

Baca juga: Dermaga Eksekutif Pelabuhan Bakauheni ramai antrean kendaraan

Baca juga: Lalu lintas kendaraan di Gerbang Tol Bakauheni Selatan ramai lancar


Dia menambahkan, jumlah kendaraan pribadi yang menyeberang sebanyak 5.410 unit. jumlah itu jauh meningkat dari satu hari yang lalu dimana hanya sebanyak 4.360 unit.

Tetapi kata dia jumlah truk dan kendaraan besar mengalami penurunan dimana jumlah kendaraan truk hanya 2.165 unit, jumlah itu mengalami penurunan dari hari kemarin yang sebanyak 2.276 unit.

Tidak hanya penumpang pejalan kaki dan penumpang di atas kendaraan saja yang mengalami peningkatan, jumlah kendaraan roda dua pun mengalami peningkatan.

"Jumlah penumpang kapal dengan menggunakan kendaraan roda dua pada hari ini sebanyak 493 unit, jumlah itu mengalami peningkatan dari hari kemarin yang hanya 411 unit," katanya.

Rudi Sunarko mengimbau kepada pengguna jasa penyeberangan agar dapat membeli tiket Ferizy dari jauh hari.

"Jadi kami mengimbau untuk calon pemudik dari pulau Jawa ke Sumatera dan sebaliknya yang akan menggunakan jasa penyeberangan ASDP untuk membeli tiket dari jauh hari," katanya.

Baca juga: Lalu lintas kendaraan di Gerbang Tol Bakauheni Selatan ramai lancar

Baca juga: Erick: Kepadatan pelabuhan dipicu masyarakat tidak biasa beli e-tiket

 

Pewarta: Riadi Gunawan
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2023