Sidoarjo (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten Sidoarjo Jawa Timur memberangkatkan sebanyak 1.450 orang peserta mudik gratis dengan menggunakan 28 bus menuju ke kampung halaman masing-masing.
 
Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor di Sidoarjo, Kamis mengatakan mereka diantarkan ke enam rute tujuan. Di antaranya Ponorogo, Banyuwangi, Trenggalek, Magetan, Blitar dan Jember.
 
"Program mudik gratis seperti ini bentuk perhatian Pemkab Sidoarjo kepada masyarakat," katanya di sela pemberangkatan mudik gratis dengan didampingi Ketua DPRD Sidoarjo Usman dan Dandim 0816 Sidoarjo Letkol Inf. Masarum Djatilaksono di pendopo Delta Wibawa Sidoarjo.
 
Ia mengatakan, pemudik tersebut diantar gratis pulang kampung dengan aman dan nyaman tanpa capek membawa kendaraan pribadi untuk dapat merayakan Lebaran ke kampung halaman.
 
"Program mudik gratis ini bentuk perhatian Pemkab Sidoarjo kepada warga Sidoarjo supaya dapat merayakan lebaran di kampung halamannya dengan aman dan nyaman," ucapnya.
 
Ia mengatakan mobilitas kendaraan saat Lebaran sangat tinggi. Sehingga, fasilitas mudik gratis seperti ini sangat penting diberikan karena selain mengurangi beban lalu lintas kendaraan, juga untuk meminimalisir angka kecelakaan.
 
"Selain untuk mengurangi beban di jalan karena pemakaian mobil pribadi untuk mudik yang cukup banyak, juga untuk mengurangi angka kecelakaan," katanya.
 
Dalam kesempatan itu dia berpesan kepada warga Sidoarjo untuk memastikan rumahnya dalam keadaan aman saat ditinggal mudik. Mulai dari memastikan pagar maupun pintu rumah terkunci rapat, serta aliran listrik yang tidak terpakai dimintanya untuk dicabut. Hal tersebut penting agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan bersama.
 
"Saya sampaikan agar berhati-hati saat meninggalkan rumah saat mudik, rumah dipastikan aman, aman dahulu sebelum ditinggal sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," ucapnya.
 
Ia berpesan kepada pengemudi bus untuk mengantarkan pemudik dengan hati-hati. Rasa aman dan nyaman harus dirasakan warga yang ikut mudik gratis kali ini.
 
"Dinas Perhubungan Sidoarjo juga menempatkan petugas di masing-masing bus. Setiap bus terdapat dua petugas dari Dishub Sidoarjo untuk memastikan pelayanan mudik gratis ini berjalan baik," ujarnya.
 
Ia menyampaikan salam kepada keluarga masing-masing pemudik serta berharap mudik lebaran seperti ini akan mempererat tali silaturahmi warga.
 
"Kami juga memohonkan maaf kepada semua kalau perjalanan di tahun 2022-2023 ini terdapat kesalahan yang tidak disengaja maupun disengaja dari Pemerintah Kabupaten Sidoarjo," ucapnya.

Baca juga: Gubernur Jatim lepas keberangkatan kapal mudik gratis Situbondo-Madura

Baca juga: 450 peserta mudik gratis diberangkatkan dari Bali ke Banyuwangi

Baca juga: Kemenhub: Program mudik gratis upaya menekan angka kecelakaan

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Nurul Hayat
COPYRIGHT © ANTARA 2023