Jakarta (ANTARA) - Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Soekarno Hatta (Soetta) mengungkapkan posko kesehatan yang berlokasi di sejumlah terminal Bandara Soetta siap melayani pemudik Lebaran tahun ini.

"Mau tidak mau harus siap, di setiap pos kita membuka posko kesehatan," ujar Perwira Jaga Posko Komando Kesehatan KKP Soetta Kadar Supriyanto di Tangerang, Banten pada Jumat.

Dia menambahkan, posko - posko kesehatan di Bandara Soetta tersebut beberapa di antaranya berlokasi di Terminal 1A, Terminal 2D, 2E, 2F, Terminal 3D dan 3I.

"Untuk area keberangkatan kita juga menyiapkan mobil golf dalam rangka melakukan pemantauan," katanya

Posko kesehatan Bandara Soetta menyiapkan sejumlah peralatan untuk melayani kesehatan pemudik Lebaran, salah satunya emergency kit.

"Untuk sekarang ini orang-orang yang berangkat Insya Allah dalam kondisi sehat, karena kalau yang tidak sehat tidak boleh berangkat," kata Kadar Supriyanto.

Saat ini, lanjutnya, sudah ada yang namanya aplikasi SatuSehat, di aplikasi tersebut bisa terlihat rekam medis maupun jejak vaksinasi penumpang.

"Kita tetap mengimbau kepada pengguna jasa bandara Soetta untuk menjalankan protokol kesehatan, seperti menjaga jarak, mencuci tangan, dan mengenakan masker," katanya.

Selain posko kesehatan, terdapat juga posko komando yang bisa memantau aktivitas dan pergerakan penumpang di bandara Soetta melalui kamera CCTV.

Selain itu KKP Bandara Soetta juga menyiagakan armada ambulans untuk mendukung arus mudik Lebaran tahun ini.

Sebelumnya, Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengimbau masyarakat untuk memastikan kondisi kesehatan sebelum berangkat mudik guna menciptakan rasa aman dan nyaman selama perjalanan.

Menko PMK menjelaskan, jika calon pemudik merasa kurang sehat maka dianjurkan untuk menunda perjalanan mudik hingga kondisi kesehatan kembali membaik.

Selain itu, dia juga mengingatkan masyarakat untuk memastikan kondisi kendaraan yang akan dipergunakan untuk aktivitas mudik.

Dengan persiapan yang matang, kata dia, diharapkan perjalanan mudik akan berlangsung dengan lancar dan menyenangkan.

Baca juga: PMI Babel buka posko kesehatan mudik di bandara
Baca juga: PLN fasilitasi pemudik dengan layanan kesehatan
Baca juga: Dinkes Bali dirikan 26 posko kesehatan selama masa Lebaran 2023

 

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Biqwanto Situmorang
COPYRIGHT © ANTARA 2023