Rangkasbitung (ANTARA) -
Tenaga medis di Kabupaten Lebak, Banten membuka posko pelayanan kesehatan di lokasi pemukiman masyarakat yang dilanda banjir agar tidak menimbulkan berbagai penyakit setelah bencana alam.
 
"Kita mendirikan posko kesehatan di lokasi pemukiman warga yang terdampak banjir," kata Kepala Puskesmas Cibadak Kabupaten Lebak Hj Anah Hasanah saat dikonfirmasi di Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Jumat.
 
Pelayanan kesehatan gratis didirikan di sejumlah lokasi, termasuk di Desa Cisangu yang dilanda banjir di wilayah Kecamatan Cibadak, Kabupaten Lebak.
 
Petugas medis itu terdiri dari dokter, perawat dan bidan desa melakukan pemeriksaan kesehatan, sekaligus memberikan pengobatan pada masyarakat setempat.

Baca juga: 109 rumah di Lebak tergenang banjir akibat luapan Sungai Ciwaru

Baca juga: BPBD Lebak catat sembilan rumah warga diterjang longsor
 
Pengobatan yang diberikan kepada masyarakat itu antara lain jenis obat demam, batuk, pilek, sakit kepala, alergi, gatal-gatal dan vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh.
 
"Kami berharap pengobatan itu dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang terdampak banjir agar tetap dalam kondisi sehat juga beraktivitas setelah banjir itu," kata Hasanah.
 
Sementara itu, sejumlah masyarakat Desa Cisangu Kabupaten Lebak mengatakan bahwa mereka sangat terbantu adanya pemeriksaan kesehatan gratis yang diberikan oleh tenaga medis setempat.
 
Sebab, mereka warga korban banjir banyak yang mengalami penyakit gatal - gatal dan pilek, batuk serta pusing.
 
"Kami setelah minum obat, kini kondisi badan tidak gatal-gatal juga stamina kembali pulih setelah seharian tidak tidur karena rumah dilanda banjir, Jumat dini hari, setinggi 80 sentimeter, namun hingga kini belum surut," kata Sapri (40) warga Desa Cisangu Kabupaten Lebak.*

Baca juga: BMKG: Waspada cuaca ekstrem di Tangerang, Pandeglang, & Lebak hari ini

Baca juga: Ratusan rumah di Rangkasbitung terendam banjir akibat hujan lebat

Pewarta: Mansyur suryana
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2024