Jakarta (ANTARA) - Pebalap Alvaro Bautista (Aruba.It Ducati), Jonathan Rea (Kawasaki Racing), dan Toprak Razgatlioglu (Pata Yamaha Prometeon) akhirnya berdiri di podium World Superbike (WSBK) setelah bersaing ketat pada sesi Race 1 di Sirkuit Assen, Belanda, Sabtu WIB.

Dikutip dari keterangan resmi, Bautista bangkit dari posisi keempat di grid setelah dikenakan penalti, dan membuktikan dirinya masih layak menjadi yang tercepat mengalahkan dua pesaing utamanya, dengan catatan waktu terbaik 1 menit 34,368 detik.

Adapun Bautista diberikan penalti untuk turun di posisi keempat grid dalam Race 1 karena dinilai berkendara lambat di sesi Tissot Superpole.

Baca juga: Bautista pertahankan posisi terdepan di FP 1 dan 2 WSBK Assen

Ia akhirnya masuk ke posisi tiga besar setelah bertarung dengan Alex Lowes (Kawasaki Racing) dan akhirnya Bautista berusaha mengejar Toprak yang saat itu tengah bersaing dengan Rea memperebutkan posisi pertama.

Lebih lanjut, Bautista kemudian berhasil menyalip Toprak dan Rea di lap kelima dan lap kesembilan.

Meski Rea mencoba untuk terus menekan Bautista, pebalap Spanyol itu memperkecil jarak dan akhirnya tiga posisi teratas terisi dengan trio juara dunia tersebut.

Kemenangan Bautista adalah kemenangan WSBK ke-38 dan merupakan balapan ke-698 Ducati di podium. Sementara Rea di posisi kedua dengan selisih waktu 3,148 detik adalah balapannya yang ke-247 di WSBK, serta yang ke-24 di Assen.

Sementara itu, Toprak terpaut 3,891 detik dari sang pemimpin balapan. Lalu posisi empat hingga enam dari Race 1 WSBK Assen diisi oleh Andrea Locatelli dari Pata Yamaha Prometeon (+10,105 detik), Axel Bassani dari Motocorsa Racing (+10,498 detik), dan Dominique Aegerter dari GYTR GRT Yamaha (+13,952 detik).

Baca juga: Meski sudah jajal MotoGP, Toprak sebut tetap akan fokus pada WSBK
Baca juga: WSBK dan Tissot perkuat kemitraan lewat SBK Predictor


Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Bayu Kuncahyo
COPYRIGHT © ANTARA 2023