Pekanbaru (ANTARA) - Sebanyak 41 warga Riau yang dievakuasi dari Sudan pada kelompok penerbangan (kloter) pertama telah tiba di ibukota negara, Jakarta, Indonesia, pada Jumat.

"Alhamdulillah, tiba di tanah air 41 warga Riau yang transit di Asrama Haji Pondok Gede Jakarta dan selanjutnya mereka menjalani pemeriksaan kesehatan dan pendataan," kata Kepala Badan Penghubung Provinsi Riau, Rido Adriansyah dalam keterangannya kepada media, Jumat.

Ia mengatakan setelah pendataan dan pemeriksaan kesehatan selesai, rombongan kloter pertama itu akan segera berangkat ke Pekanbaru, Riau, yakni pada Sabtu (29/4) menggunakan pesawat terbang.

"Sesuai arahan bapak Gubernur Riau Syamsuar, karena lama perjalanan yang ditempuh dari Sudan, maka mereka akan diberangkatkan dengan transportasi udara ke Pekanbaru," kata Rido Adriansyah.

Baca juga: Panglima akui ada potensi ancaman saat evakuasi WNI di Sudan

Baca juga: Pemprov DKI sediakan 15 bus jemput WNI yang dievakuasi dari Sudan


Total warga Riau yang dievakuasi dari Sudan berjumlah 128 orang, terdiri dari 99 laki-laki dan 29 perempuan, termasuk 1 orang balita. Dari 128 orang, 41 orang di antaranya telah tiba di Tanah Air, Jumat ini.

Sementara itu, pemulangan rombongan warga Riau dari Jakarta ke Pekanbaru akan difasilitasi oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau. Seratusan warga Riau Riau itu dievakuasi akibat konflik bersenjata yang terjadi di Republik Sudan tersebut.*

Baca juga: Kemensos fasilitasi perlindungan sosial WNI dari Sudan

Baca juga: Lima Alumni Ma'had Al-Birr Unismuh berhasil dievakuasi KBRI Sudan

Pewarta: Frislidia
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2023