Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menekankan pentingnya program pembangunan sumber daya manusia (SDM) untuk menciptakan generasi unggul dan berkualitas.

"Penyiapan SDM berkualitas sangat penting guna mewujudkan visi Indonesia Maju di tahun 2045," kata Muhadjir Effendy dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu.

Menko menjelaskan, pemerintah terus mengoptimalkan program pembangunan SDM, salah satunya melalui revitalisasi pendidikan dan pelatihan vokasi.

Melalui pendidikan dan pelatihan vokasi, kata dia, pemerintah berharap generasi muda dapat memiliki keterampilan yang relevan dengan dunia kerja dan kehidupan di era globalisasi.

Selain itu, Menko juga mengemukakan sejumlah karakter penting yang harus dimiliki generasi muda agar menjadi SDM berkualitas dan berdaya saing.

"Generasi muda harus memiliki karakter berpikir kritis, komunikatif, kolaboratif, percaya diri, kreatif, dan inovatif. Hal ini harus dimiliki oleh setiap generasi muda penerus bangsa," katanya.

Baca juga: Menko PMK pastikan evakuasi WNI di Sudan berjalan lancar

Menko menambahkan, karakter tersebut merupakan hal yang sangat penting dalam menghadapi dunia kerja yang semakin kompleks dan dinamis.

"Karakter tersebut juga akan membantu para pelajar untuk mempersiapkan diri menghadapi tantangan masa depan dengan lebih siap dan adaptif," katanya.

Menko PMK juga mengajak semua pihak untuk berperan aktif dalam program pembangunan SDM.

"Program pembangunan SDM memerlukan kolaborasi dan sinergi dari berbagai instansi terkait, termasuk juga pemerintah daerah dan masyarakat," katanya.

Sementara itu, Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Pendidikan dan Moderasi Beragama Kemenko PMK Warsito menambahkan pendidikan memiliki peran yang sangat penting dalam pembentukan karakter peserta didik.

Warsito mengatakan bahwa pemerintah pada saat ini berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia guna mendukung pembentukan karakter positif.

Pemerintah melalui satuan pendidikan, kata dia, terus melakukan berbagai upaya strategis guna mendukung program penguatan karakter anak-anak yang merupakan generasi penerus bangsa.

Baca juga: Menko PMK: Revitalisasi vokasi kunci penting sambut bonus demografi
Baca juga: Menko PMK: Mayoritas buruh di Indonesia generasi sandwich


Pewarta: Wuryanti Puspitasari
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2023