Jakarta (ANTARA) - Produsen makanan Tropicana Slim berupaya meningkatkan kesadaran masyarakat soal hipertensi melalui kampanye  #BeatHypertension 2023, bertepatan dengan Hari Hipertensi Dunia.

"Tropicana Slim ingin mengajak masyarakat Indonesia bersama-sama untuk mencegah dan melawan penyakit hipertensi melalui kampanye #BeatHypertension 2023 ini," kata manajer merek Tropicana Slim Noviana Halim saat konferensi pers di Jakarta, Rabu.

Penyakit hipertensi kerap dianggap sebagai silent killer, pembunuh dalam diam, karena seringkali timbul tanpa gejala sehingga banyak kasus hipertensi yang tidak terdiagnosis dan berakibat fatal akibat tidak dikontrol dengan baik.

Baca juga: Kemenkes jaring masukan kaum muda guna kendalikan konsumsi GGL

Mantan Ketua Indonesian Society of Hypertension (InaSH) dr. Tunggul D. Situmorang, SpPD-KGH, mengatakan berdasarkan Data Riset Kesehatan Dasar tahun 2018, sebanyak 34,1 persen masyarakat Indonesia atau satu di antara tiga orang menderita hipertensi. Sayangnya masih banyak yang tidak menyadari bahwa dirinya hipertensi.
​​​​​​​
Hipertensi dapat menyebabkan berbagai komplikasi seperti penyakit jantung, stroke, penyakit ginjal, dan kerusakan organ lainnya. Penyakit itu dapat dicegah, salah satunya dengan menjalankan pola makan sehat, seperti membatasi asupan garam dan rutin melakukan pengecekan tekanan darah.
 
Asupan garam rata-rata masyarakat dunia diperkirakan sebanyak 10,8 gram per hari, dua kali lipat lebih banyak dari rekomendasi World Health Organization yaitu kurang dari 5 gram garam per hari atau satu sendok teh.

Tingginya asupan garam telah terbukti berkaitan dengan peningkatan tekanan darah dan risiko hipertensi. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengurangi asupan konsumsi garam, dengan memperhatikan label makanan sebelum membeli produk makanan serta menghindari produk dengan kandungan garam atau sodium yang tinggi.

Baca juga: Bluder Cokro dan Tropicana Slim hadirkan roti rendah kalori

Baca juga: Ada risiko kesehatan bila menunda waktu tidur 34 menit

​​​​​​​
Baca juga: Orang yang tidur siang lama mungkin lebih berisiko obesitas-hipertensi

Pewarta: Fitra Ashari
Editor: Natisha Andarningtyas
COPYRIGHT © ANTARA 2023