Jakarta (ANTARA) - Produk elektronik pintar kini semakin berkembang dengan menawarkan kecanggihan yang dapat memudahkan aktivitas sehari-hari bagi masyarakat, terutama kegiatan di rumah.

Tak terkecuali bagi kreator konten TikTok Natasha Surya yang juga memanfaatkan dan memaksimalkan elektronik pintar untuk berbagai pekerjaan rumah tangga.

"Bagi aku pribadi, elektronik pintar telah membawa dampak positif dalam berbagai kegiatan aku sehari-hari di rumah. Dengan memaksimalkan penggunaan elektronik pintar, aku bisa memberikan efisiensi dalam hal waktu dan tenaga yang harus aku keluarkan, serta memberikan kenyamanan maksimal yang luar biasa," kata Natasha dalam keterangan pers yang diterima di Jakarta, Kamis.

Sebagai seorang ibu rumah tangga sekaligus seorang yang bekerja dari rumah, Natasha harus bisa membagi waktunya untuk menjalankan berbagai aktivitas. Oleh sebab itu, elektronik pintar menjadi penolong dalam keseharian Natasha sehingga aktivitas bisa lebih praktis, aman, dan nyaman.

Baca juga: Flife hadirkan empat varian produk elektronik dapur pintar

Berikut daftar produk elektronik pintar yang digunakan di dalam rumah ala Natasha. 

Robot vacuum cleaner yang jadi "jalan ninja" Natasha untuk membersihkan rumah sambil bermain dengan anak

Menyisihkan waktu di tengah kesibukan untuk membersihkan ruangan di dalam rumah secara menyeluruh dengan cara manual tentu tidaklah mudah. Solusi Natasha, dia pun memanfaatkan bantuan robot vacuum cleaner untuk memudahkan aktivitas bersih-bersih rumah.

"Bahkan dengan robot vacuum cleaner, kamu tidak perlu ikut turun tangan karena produk ini bisa bergerak dan membersihkan sendiri setiap sudut rumah dengan bersih menggunakan sistem sensor yang canggih," ujar Natasha.

Keunggulannya, robot vacuum cleaner dapat diatur dari jarak jauh menggunakan voice command maupun dari smartphone. Beberapa jenis robot vacuum cleaner bahkan dilengkapi CCTV yang bisa digunakan sebagai alat pantau keamanan.

Air fryer yang jadi andalan bagi Natasha untuk memasak lebih praktis

Memasak secara konvensional terasa menyita banyak waktu apabila sedang sibuk bekerja, mulai dari menyiapkan bahan hingga mencuci peralatan masak.

Natasha mengakui bahwa dirinya bukanlah tipikal seorang yang senang beraktivitas lama-lama di dapur. Maka, memasak yang praktis namun tetap menghasilkan makanan yang enak pun menjadi tujuannya.

"Menurutku, semua rumah wajib memiliki air fryer. Selain bisa membuat masak jadi praktis, tapi juga sehat karena jadi tidak perlu menggunakan minyak," ujar dia.

Menurut Natasha, pengguna juga tak perlu khawatir tagihan listrik meningkat karena daya listrik air fryer dapat dikatakan hemat. Alat ini bisa digunakan menggoreng ayam, memanggang roti, dan sebagainya.

Baca juga: EROC M1 Air Fryer hadirkan fitur kontrol suhu cerdas

Kamera CCTV dan smart door lock yang bantu Natasha untuk pantau keamanan rumah

Keamanan rumah dan keluarga tetap menjadi prioritas utama bagi Natasha, apalagi ketika dia harus bekerja dari luar rumah. Oleh sebab itu, Natasha membutuhkan "mata-mata" yang terus mengawasi rumah.

"Melengkapi rumah dengan CCTV camera dan smart door lock bisa memberikan keamanan karena kamu juga bisa memantau dari manapun kamu berada," ujar dia.

Kini, jenis kamera keamanan sudah dilengkapi dengan motion detection yang akan memberikan notifikasi jika ada pergerakan di area depan rumah. Ada pula fitur komunikasi dua arah dan perekaman tanpa putus sepanjang hari.

Smart door lock juga menambah keamanan rumah karena pintu hanya bisa diakses dengan sidik jari, PIN, atau melalui smartphone sehingga tidak bisa dibuka oleh sembarang orang.

Air purifier yang jadi andalan untuk kurangi udara kurang sedap dan bersihkan sisa bulu anabul 

Pemilik hewan peliharaan di rumah kerap mengalami kesulitan saat bulu-bulu kucing maupun anjing rontok di karpet maupun lantai rumah. Bulu hewan yang berserakan rupanya bisa menghasilkan bau yang tidak sedap bahkan membawa bahaya kesehatan bagi manusia.

Untuk menjaga rumah tetap bersih dan bebas dari bulu-bulu maupun risiko virus yang dimiliki hewan, maka pemilik rumah wajib menggunakan air purifier yang diletakkan di dalam rumah sehingga dapat membantu menyaring udara agar tetap sehat.

Baca juga: Pertimbangkan hal-hal ini sebelum membeli "air purifier"

Pewarta: Rizka Khaerunnisa
Editor: Siti Zulaikha
COPYRIGHT © ANTARA 2023