Bogor (ANTARA News) - Cabang olahraga golf menargetkan minimal memperoleh dua medali emas dari empat nomor yang dipertandingkan di SEA Games 2013 Myanmar.

Wakil Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Persatuan Golf Indonesia (PB PGI) Sirodzudin di sela turnamen CEPAgolf di Bogor, Kamis, mengatakan empat nomor yang dipertandingkan adalah perorangan dan beregu untuk putra dan dua nomor yang sama untuk putri.

Tim nasional sendiri, kata Sirodzudin, sampai saat ini mengunggulkan perolehan medali emas dari dua nomor putra, namun tetap optimistis meraih hasil yang maksimal di dua nomor putri.

"Unggulan kita di perorangan dan beregu putra, namun putri dengan prestasinya dapat juga meraih hasil maksimal," katanya.

Target ini sama dengan perolehan golf saat SEA Games 2011 di Indonesia ketika tim nasional mendominasi dengan dua emas dan satu perak dan mengalahkan Thailand.

Saat itu, justru atlet putri yang berhasil mendulang emas di dua nomor perseorangan dan beregu yang dimotori atlet muda Tatiana. Pada pelatnas kali ini pun, PGI masih mengandalkan atet muda. Bahkan total atlet muda yang akan memperkuat tim inti SEA Games, kata Sirodzudin, mencapai 90 persen.

Tim Nasional juga masih mengandalkan pelatih pada saat itu yakni David Meal asal Australia, yang juga merencanakan untuk melatih para pemain inti di Australia saat satu bulan menjelang SEA Games. Saat ini pelatnas masih dihuni 200 persen atlet yakni 15 orang dan berlatih secara terpisah.

"Setiap dua bulan sekali biasanya kami mengadakan pertemuan untuk melihat perkembangan para pemain," tuturnya.

Adapun atlet-atlet junior yang dipersiapkan di pelatnas antara lain untuk putra Jordan Surya dan Kevin C. Akbar, sedangkan untuk putri PB PGI masih mengandalkan peraih emas di SEA Games 2011 Tatiana. Pemanggilan pemain ke pelatnas juga berdasarkan ranking nasional sebagai indikator prestasi mereka.

Pada SEA Games sebelumnya di 2011, Indonesia mampu mendulang dua medali emas melalui nomor beregu putri dan nomor tunggal putri serta medali perak dari nomor beregu putra.

Pegolf muda Tatiana yang masih diandalkan untuk SEA Games Myanmar, menjadi juara dan meraih medali emas perorangan puteri setelah "play-off" melawan Pinrath L dari Thailand dengan total skor 217 (74-74-69). Emas lainnya datang dari tim beregu yang terdiri atas Tatiana, Juriah, dan Ika Woro Palupi.

Sementara itu, medali perak diraih tim golf putra Indonesia yang terdiri atas George Gandranata, Ian Andrew, Rinaldi dan Suprapto.

(I029)

Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2013