Bengaluru (ANTARA) - Saham Eropa merosot pada awal perdagangan Selasa, dengan Jerman memimpin penurunan di antara rekan-rekan negara Eropa karena saham pembuat bahan kimia khusus Lanxess anjlok setelah mengurangi perkiraannya, sementara pemotongan suku bunga moderat oleh China gagal mengangkat sentimen investor.

Indeks DAX Jerman tergelincir 0,5 persen pada pukul 07.09 GMT, mundur lebih jauh dari rekor tertinggi yang dicapai pada Jumat (16/6/2023. Indeks STOXX 600 di seluruh benua itu terpangkas 0,4 persen.

Lanxess menukik 13,3 persen ke dasar STOXX 600 setelah memangkas perkiraan laba inti kuartal kedua dan tahunannya, dengan mengatakan tidak melihat pemulihan permintaan pada Juni karena pelanggan terus mengurangi stok.

Indeks bahan kimia jatuh 1,7 persen, memimpin penurunan sektoral.

China memangkas suku bunga acuan pinjaman utamanya pada Selasa, dengan investor khawatir bahwa itu mungkin terlalu kecil untuk memulai pemulihan ekonomi yang lambat dan menunggu paket stimulus yang lebih luas.

Raksasa produsen barang fesyen mewah LVMH yang memiliki eksposur luas ke China, yang merupakan perusahaan paling berharga di Eropa turun 0,5 persen, sedangkan indeks sumber daya dasar melemah 0,5 persen.

Baca juga: Saham Asia jatuh, penurunan suku bunga moderat China mengecewakan
Baca juga: Minyak jatuh di Asia karena penurunan bunga acuan China lebih kecil
Baca juga: Dolar menguat, yuan goyah setelah China pangkas bunga acuan pinjaman

 

Pewarta: Apep Suhendar
Editor: Biqwanto Situmorang
COPYRIGHT © ANTARA 2023