Bengaluru (ANTARA) - Saham Inggris dibuka menguat pada perdagangan Jumat, karena dorongan dari saham-saham minyak kelas berat dan pertambangan, sementara penurunan saham Direct Line menekan saham-saham menengah, menjelang data pekerjaan AS yang sangat dinantikan hari ini.

Indeks saham-saham unggulan atau blue-chips FTSE 100 yang berorientasi ke pasar luar negeri menguat 0,3 persen, sementara indeks saham-saham berkapitalisasi sedang atau mid-caps FTSE 250 yang lebih fokus ke pasar domestik menyusut 0,2 persen.

Saham sektor minyak dan gas terangkat 1,7 persen dan penambang logam industri bertambah 0,7 persen.

Sektor-sektor tersebut mencerminkan optimisme terhadap perekonomian China yang positif dan upaya untuk meningkatkan sentimen investor.

Sebuah survei swasta menunjukkan aktivitas pabrik China secara mengejutkan kembali mengalami ekspansi pada Agustus. Bank sentral negara tersebut mengatakan akan memotong jumlah devisa yang harus disimpan lembaga keuangan sebagai cadangan untuk pertama kalinya pada tahun ini.

Perusahaan asuransi Direct Line merosot 1,8 persen setelah setuju untuk meninjau pembebanan berlebihan terhadap nasabah rumah dan motor yang ada dengan total sekitar 30 juta pound (38 juta dolar AS) untuk pembaruan polis, kata Otoritas Perilaku Keuangan.

Pelaku pasar global kini menunggu laporan ketenagakerjaan penting dari Amerika Serikat, yang akan membantu mengukur langkah Federal Reserve mengenai suku bunga selanjutnya.

Baca juga: Saham Inggris reli hari keenam, indeks FTSE 100 terangkat 0,12 persen
Baca juga: Saham Inggris dibuka datar, pengembang naik imbangi penambang turun

Pewarta: Apep Suhendar
Editor: Faisal Yunianto
COPYRIGHT © ANTARA 2023