Singapura (ANTARA) - Dolar bergerak sideways atau cenderung horisontal di sesi Asia pada Selasa sore, karena investor bersiap menghadapi serangkaian pertemuan bank sentral minggu ini, sementara yen melemah mendekati level terendah 10 bulan karena kebijakan moneter ultra-longgar Jepang sekali lagi mendapat kecaman.

Pergerakan mata uang sebagian besar melemah di perdagangan Asia ketika keputusan suku bunga Federal Reserve pada Rabu (20/9/2023) tetap menjadi perhatian utama, dengan sorotan di Asia juga tertuju pada keputusan kebijakan Bank Sentral Jepang (BoJ), yang akan dirilis pada Jumat (22/9/2023).

Yen turun 0,1 persen menjadi 147,76 per dolar dan masih berada di dekat level terendah 10 bulan minggu lalu di 147,95 per dolar.

BoJ diperkirakan akan mempertahankan suku bunga ultra-rendah pada Jumat (22/9/2023) dan meyakinkan pasar bahwa stimulus moneter akan tetap ada, setidaknya untuk saat ini, bahkan ketika Gubernur Kazuo Ueda memicu spekulasi akan segera menjauh dari kebijakan ultra-longgar.

"Menurut kami, BoJ memerlukan amunisi untuk mendukung dirinya dalam setiap perubahan atau bahkan panduan apa pun untuk potensi perubahan kebijakan selama enam bulan mendatang hingga tahun depan," kata Rodrigo Catril, ahli strategi valas senior di National Australia Bank (NAB).

"Dan kami pikir hal itu perlu terjadi dengan serangkaian perkiraan baru, dan itulah mengapa kami tidak berpikir bahwa kita akan mendapatkan banyak kejutan pada Jumat (22/9/2023)."

Di tempat lain, Aussie tergelincir 0,09 persen menjadi 0,64315 dolar AS, mengabaikan risalah pertemuan Bank Sentral Australia (RBA) September yang menunjukkan pihaknya mempertimbangkan menaikkan suku bunga sebesar 25 basis poin, sebelum akhirnya memutuskan untuk mempertahankan suku bunga acuan tidak berubah.

Dolar AS sedikit lebih tinggi, menyimpang tidak terlalu jauh dari level tertinggi enam bulan terhadap mata uang utama lainnya pada minggu lalu,

Indeks dolar naik 0,11 persen menjadi 105,20, sedangkan dolar Selandia Baru turun tipis 0,03 persen menjadi 0,59155 dolar AS.

Pasar uang memperkirakan The Fed akan mempertahankan suku bunganya pada pertemuan mendatang, menurut alat CME FedWatch, meskipun fokusnya akan tertuju pada panduan ke depan bank sentral.

"Pasar akan mencari petunjuk bahwa The Fed mungkin akan menaikkan suku bunga lagi pada akhir tahun atau jeda yang lebih lama perlu dilakukan," kata Erik Weisman, kepala ekonom dan manajer portofolio di MFS Investment Management, dikutip dari Reuters.

Sementara itu, euro kehilangan sebagian keuntungannya dari sesi sebelumnya dan terakhir melemah 0,12 persen pada 1,0678 dolar.

Mata uang tunggal ini naik bersamaan dengan imbal hasil obligasi pemerintah zona euro pada Senin (18/9/2023), menyusul komentar hawkish dari pengambil kebijakan Bank Sentral Eropa (ECB) bahwa kenaikan suku bunga lebih lanjut mungkin terjadi.

"Dengan pidato ECB yang mencatat bagaimana inflasi diperkirakan tidak akan turun dalam waktu dekat... kita semua harus bersiap dengan gagasan bahwa suku bunga akan tetap tinggi untuk jangka waktu yang lama, dan berpotensi untuk jangka waktu yang sangat lama," kata Catril dari NAB.

Sebuah laporan Reuters mengatakan bahwa ECB akan segera mulai membahas bagaimana mengatasi kelebihan likuiditas multi-triliun euro yang mengalir di bank-bank juga mengangkat mata uang tunggal.

Simpanan uang ini mengurangi dampak kenaikan suku bunga ECB dengan mengurangi persaingan dalam mendapatkan simpanan dan mengakibatkan pembayaran bunga yang besar – dan kerugian yang diakibatkannya – oleh beberapa bank sentral.

Dalam mata uang lainnya, sterling naik tipis 0,04 persen menjadi 1,2390 dolar menjelang keputusan suku bunga dari Bank Sentral Inggris (BoE) yang juga akan dirilis minggu ini.

Meskipun BoE diperkirakan akan menaikkan suku bunga lagi pada Kamis (21/9/2023), kenaikan tersebut dapat menandai siklus pengetatan terakhir bank sentral saat ini karena melemahnya perekonomian mulai mengkhawatirkan para pembuat kebijakan.

Baca juga: Euro menguat di awal sesi Asia, yen melemah jelang rapat bank sentral
Baca juga: Dolar AS melemah ketika pedagang tunggu keputusan bank sentral utama
Baca juga: Dolar melemah di awal sesi Asia, yen jadi sorotan jelang pertemuan BoJ

Pewarta: Apep Suhendar
Editor: Kelik Dewanto
COPYRIGHT © ANTARA 2023