Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita ekonomi mewarnai pemberitaan Senin (25/9), mulai dari percepatan pembangunan 36 rumah jabatan menteri di Ibu Kota Negara (IKN) hingga Indonesia menjadi panutan baru.

Berikut rangkuman berita selengkapnya:

1. Bahlil memastikan warga Rempang tidak direlokasi ke Pulau Galang

Menteri Investasi Bahlil Lahadalia memastikan bahwa warga yang terdampak pembangunan proyek investasi di Pulau Rempang, Kepulauan Riau tidak akan direlokasi ke Pulau Galang, tetapi ke Tanjung Banun yang masih terletak di Pulau Rempang.

2. Kementerian PUPR percepat pembangunan 36 rumah jabatan menteri di IKN Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Perumahan terus mempercepat pembangunan 36 unit Rumah Tapak Jabatan Menteri yang berada di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara.

3. Kemenparekraf: Kunjungan wisman capai 6,3 juta kunjungan

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) melaporkan, realisasi kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) periode Januari-Juli 2023 mencapai 6,3 juta kunjungan atau telah melewati target batas bawah (TBB) kunjungan yang ditetapkan, yakni sebesar 6 juta kunjungan sepanjang 2023.

4. Menko Marves sebut Indonesia jadi negara panutan baru

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, Indonesia menjadi panutan baru khususnya bagi negara-negara kepulauan terkait dengan hilirisasi, digitalisasi hingga dana desa.

5. Pemerintah larang “social commerce” fasilitasi transaksi dagang

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengatakan Kemendag pada Senin ini akan meneken peraturan yang melarang platform “social commerce” memfasilitasi transaksi perdagangan.

 

Pewarta: M Baqir Idrus Alatas
Editor: Ahmad Buchori
COPYRIGHT © ANTARA 2023