Medan (ANTARA News) - Pertemuan peserta Kerja sama Ekonomi Asia Pasifik (APEC) di Kota Medan menyiapkan skema kemudahan dan percepatan bagi kalangan pengusaha untuk menjalin bisnis di negara tertentu.

Dalam siaran pers di Medan, Rabu, penyelenggara APEC Business Mobility Group Agnieszka Holland mengatakan, kemudahan dan percepatan tersebut dirancang agar peserta APEC lebih mudah berkunjung ke negara yang ingin ditujunya.

Dengan demikian, pertumbuhan bisnis di wilayah APEC lebih mudah dilakukan sehingga kerja sama yang ingin dijalin lebih mudah terealisasi.

Skema kemudahan dan percepatan tersebut dibahas dan didiskusikan dengan pejabat imigrasi dan keamanan terkait.

Dengan keterlibatan berbagai pihak tersebut, akan tercipta banyak penyederhanaan bagi seluruh pelaku bisnis di kawasan Asia -Pasifik.

"Ini berarti peluang untuk meningkatkan efisiensi dan pelayanan bagi pengusaha," katanya.

Ia mengatakan, kemudahan dalam kunjungan tersebut dilakukan dengan aplikasi tunggal yakni Kartu Perjalanan Bisnis APEC (APEC Business Travel Card/ABTC), yang menawarkan tiga skema kunjungan yakni tiga tahun, beberapa tahun, dan jangka pendek.

Dengan skema tersebut, peserta APEC lebih mudah membangun konektivitas yang lebih besar di wilayah tersebut untuk mendorong pertumbuhan.

Berbagai upaya untuk memberikan kemudahan tersebut dapat meningkatkan keinginan kuat dari berbagai negara untuk bergabung dengan APEC.

Pewarta: Irwan
Editor: Unggul Tri Ratomo
COPYRIGHT © ANTARA 2013