Banda Aceh (ANTARA) - Bank Indonesia (BI) mengatakan Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh - Sumatera Utara pada 2024 menjadi momentum yang tepat untuk melakukan akselerasi digitalisasi daerah, baik sektor usaha mikro kecil menengah (UMKM) hingga pemerintahan.

“Penunjukan Aceh sebagai salah satu tuan rumah penyelenggara PON 2024 menjadi momentum mengakselerasi geliat ekonomi dan potensi digitalisasi daerah,” kata Deputi Kepala Bank Indonesia Perwakilan Aceh Prabu Dewanto di Banda Aceh, Jumat.

Ia menjelaskan, PON 2024 Aceh-Sumut menjadi peluang besar untuk kampanye pembayaran digital, sehingga harus disambut dengan kolaborasi antar berbagai pihak di daerah Tanah Rencong itu dengan semangat dan optimisme dalam peningkatan dan percepatan digitalisasi daerah.

“Kami mengajak semua pemangku kepentingan dan juga masyarakat untuk meningkatkan pemerataan infrastruktur dan mengkampanyekan penggunaan instrumen digital di tempat-tempat penyelenggaraan PON 2024,” ujarnya.

Upaya itu, seiring dengan program Bank Indonesia yang terus berlanjut pada 2024 dalam hal percepatan digitalisasi daerah melalui kerjasama dengan pemerintah daerah yakni Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) di seluruh Aceh.

“Berbagai kegiatan sosialisasi, edukasi, dan capacity building (peningkatan kapasitas) terus didorong,” ujarnya.

Prabu menambahkan, hingga Oktober 2023, Bank Indonesia mencatat volume transaksi digital menggunakan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) di Aceh telah mencapai 6,6 juta transaksi. Angka itu melebihi target Bank Indonesia tahun ini sebanyak 5 juta transaksi.

Menurut dia, transaksi tersebut merupakan kontribusi dari 128 ribu pedagang (merchant) dengan jumlah 484 ribu pengguna QRIS di Aceh, serta total nominal transaksi tersebut mencapai Rp1 triliun.

Sedangkan pada 2022, pihaknya mencatat sebanyak 2,3 juta transaksi QRIS di Aceh dengan nominal Rp511 miliar.

“(Rp1 triliun) ini angka sangat besar untuk QRIS di Provinsi Aceh,” ujarnya.

Baca juga: Bank Indonesia proyeksikan ekonomi Aceh tumbuh 4,78 persen pada 2024

Baca juga: BI catat pembiayaan UMKM di Aceh capai Rp10,2 triliun per Agustus 2023

Baca juga: BI terus percepat sertifikasi halal produk UMKM di Aceh 

Pewarta: Khalis Surry
Editor: Ahmad Buchori
COPYRIGHT © ANTARA 2023