Jakarta (ANTARA News) - Marc Marquez telah mengumpulkan posisi pole ketiga dalam pekan ini untuk MotoGP Jerman. Sebagai saingan Jorge Lorenzo dan Dani Pedrosa yang cedera setelah tabrakan, pebalap Repsol Honda Team itu mengalahkan Monster Yamaha Tech 3 Cal Crutchlow dan pebalap Yamaha Factory Racing Valentino Rossi.

Sejak latihan dimulai pada Jumat, sejumlah insiden telah terjadi di Sachsenring. Termasuk juga yang menimpa pemegang gelar Lorenzo dan pemimpin klasemen Pedrosa. Keduanya mengalami cedera di tulang selangka kiri setelah kecelakaan highside. Lorenzo akan absen setidaknya dalam balap kali ini, sementara dalam kasus Pedrosa masih akan dilihat apakah ia dapat kembali beraksi pada Minggu.

Putaran Marquez yakni 1'21.311 merupakan tiga persepuluh detik dari capaian terbaik Casey Stoner di Sachsenring, yang peernah dicapai di era kualifikasi ban pada 2008, saat ia menyerbu di pole ketiga setelah Texas dan Le Mans.

Crutchlow akan start di posisi kedua dalam balapan ketiga secara berturut-turut, meskipun dua kecelakaan pada Jumat membuat pria berkebangsaan Inggris itu kesakitan, sementara start barisan depan untuk Rossi adalah yang pertama buatnya dalam 988 hari, dimana terakhir kali dicapainya pada MotoGP Portugis 2010.

Baris kedua dipimpin oleh pebalap tuan rumah LCR Honda Stefan Bradl, sedangkan hasil lima teratas datang berkat upaya luar biasa dari Aleix Espargaro dari CRT mesin Power Electronics Aspar.

Tim Ducati akan berada di line up keenam dan kesembilan, lebih baik dari Nicky Hayden dan Andrea Davizioso perkirakan. Sementara pebalap Monster Yamaha Tech 3 Bradley Smith dan pebalap GO&FUN Honda Gresini Alvaro Bautista akan mengisi slot tujuh dan delapan. Pedrosa di posisi 12, meski tidak ikut ambil bagian dalam kualifikasi.

Penampilan yang sangat mengesankan dari Daniel Petrucci dan Claudio Corti, memperlihatkan sepasang Italia naik ke Q1 dan lanjut ke Q2 untuk pertama kalinya. Corti akan start di posisi ke-10 untuk NGM Mobile Forward Racing, sementara Petrucci berada di posisi ke-11 untuk Came IodaRacing Project.

Di bagian belakang grid dan di posisi ke-23 ada pebalap Energy T.I. Racing Andrea Iannone, yang mengalami dislokasi bahu kanan dalam kecelakaan selama sesi latihan terakhir. Hector Barbera (Avintia Blusens, posisi ke-14) juga berada dalam ketidaknyamanan setelah terkilir di pergelangan kaki kanan di latihan pagi. Sedangkan pebalap GO&FUN Honda Gresini Bryan Staring berada di posisi 22 setelah mengalami highside di putaran ketiga, demikian laman motogp.(*)


Pewarta: Ade Irma Junida
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2013