Jakarta (ANTARA) - KPU Jakarta Barat (Jakbar) memastikan seluruh petugas penyelenggara pemilu termasuk mereka yang bertanggungjawab di tempat pemungutan suara dalam kondisi prima serta siap untuk menjalankan tugas berikutnya.

"Semua sehat termasuk petugas KPPS (kelompok penyelenggara pemungutan suara) dan petugas ketertiban di tempat pemungutan suara (TPS)," kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jakbar, Endang Istianti di Jakarta, Jumat.

Endang membenarkan pada hari H pemilihan (Rabu) terdapat dua orang petugas yang jatuh sakit, namun segera ditangani di puskesmas terdekat.

"Yang sakit ada, tapi langsung dirawat hari itu juga. Kemarin yang sakit itu langsung dibawa ke puskesmas terdekat. Karena kan kita sudah bekerja sama dengan Dinas Kesehatan DKI untuk soal kesehatan petugas TPS," kata Endang.

Adapun  dua orang yang jatuh sakit pada hari H pemungutan suara, yakni satu petugas KPPS dan satu petugas ketertiban TPS.

"Kemarin itu  dua orang yang sakit, satu petugas KPPS dan satu petugas pengamanan. Tapi dua-duanya langsung diobati hari itu juga," kata Endang.

Kedua petugas tersebut mengalami kelelahan usai pemungutan suara berlangsung.

"Tidak sampai dirawat inap, langsung pulang malamnya," kata Endang.

Salah satu yang dirawat tersebut, kata Endang, adalah petugas ketertiban di TPS 47 RW 05 Krendang, Tambora.

"Petugas pengamanan TPS 47 RW 05 Krendang, di rawat di puskesmas setempat," kata Endang.

Diketahui, terdapat 50.183 KPPS dan 14.338 petugas ketertiban TPS di wilayah Jakbar. Setiap TPS di Jakarta Barat yang berjumlah 7.169 diurus oleh tujuh KPPS dan dijaga oleh dua petugas ketertiban.
Baca juga: KPU Jakbar gelar pleno rekap suara di kecamatan malam ini
Baca juga: Sie Dokkes Polres Jakbar periksa kesehatan petugas pengamanan pemilu
Baca juga: Pemungutan suara tetap dilakukan di beberapa TPS yang terdampak banjir


Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2024