Medan (ANTARA) - Kejuaraan perahu cepat F1 Powerboat yang dilaksanakan di Kawasan Danau Toba pada 2-3 Maret 2024 akan kembali mendongkrak perekonomian masyarakat lokal.

Staf Ahli Gubernur Bidang Hukum, Politik dan Pemerintahan Pemprov Sumut Muhammad Armand Effendy Pohan meyakini kejuaran F1 Powerboat yang digelar untuk kedua kalinya di Sumut akan kembali mendongkrak perekonomian masyarakat yang sebelum dialami pada F1 Powerboat tahun sebelumnya.

“Kita optimis melihat kesuksesan seri sebelumnya akan kembali dongkrak perekonomian Sumut, khususnya kawasan Danau Toba, apalagi ini merupakan seri pembuka untuk musim 2024," ujar Armand usai temu pers, di Medan, Kamis.

Armand mengatakan seluruh elemen masyarakat harus memanfaatkan kejuaraan internasional tersebut karena akan dihadiri ribuan wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

“Ada ratusan ribu wisatawan yang akan datang, kita maksimalkan apalagi kita sudah punya pengalaman tahun lalu, apa yang kurang kita benahi sehingga hasil kita peroleh bisa lebih besar lagi," kata Armand.

Baca juga: Bupati Toba targetkan 80.000 penonton di kejuaraan F1 Powerboat

Armand menegaskan Pemprov Sumut sangat mendukung penyelenggaraan Kejuaraan perahu cepat F1 Powerboat yang dilaksanakan di Kawasan Danau Toba pada 2-3 Maret 2024 karena sangat berdampak positif bagi wilayahnya.

"Pemprov Sumut sangat mendukung terselenggaaranya F1 Powerboat. Kita sudah melakukan persiapan dengan pemangku kebijakan terkait," sebutnya.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan kejuaraan dunia perahu cepat F1Powerboat di Danau Toba, 2-3 Maret 2024 dapat melahirkan multiplier effect bagi ekonomi nasional maupun lokal.

Pihaknya juga terus melakukan pelatihan bagi pelaku ekonomi kreatif di kawasan Danau Toba, baik produk kuliner, kriya, maupun fesyen.

"Dukungan kami dengan seluruh kementerian agar ajang Powerboat nanti bisa berdampak pada ekonomi sebesar Rp500 miliar. Kami bersama semua stakeholder untuk memajukan terus wisata Danau Toba di mata dunia," katanya saat temu pers melalui daring, di Jakarta.

Baca juga: Pemprov Sumut targetkan perputaran uang UMKM di F1H2O capai Rp1 miliar

Kejuaraan Dunia F1 Powerboat pada 2-3 Maret 2024 menjadi penyelenggaraan kedua di Danau Toba setelah sebelumnya Kejuaraan Dunia F1 Powerboat berlangsung pada 24-26 Februari 2023.

Kejuaraan dunia perahu cepat tahun ini menghadirkan sejumlah pembalap kelas internasional akan dirangkai dengan Kejuaraan Nasional Aquabike Indonesia Championship 2024

"AIC atau Aquabike Indonesia Championship akan diselenggarakan bersamaan dengan F1Powerboat di tempat yang sama," kata Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata PT Aviasi Pariwisata Indonesia atau InJourney Maya Watono.

Baca juga: InJourney: Tiket F1 Powerboat Danau Toba dijual mulai dari Rp200 ribu

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024