Bali (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dijadwalkan melakukan pertemuan dengan Presiden Meksiko Enrique Pena Nieto, hari ini, di Nusa Dua, Bali, sebelum dimulainya pertemuan puncak para pemimpin yang tergabung dalam Forum Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik (APEC) besok.

Pertemuan kedua kepala negara tersebut juga direncanakan diikuti dengan pertemuan bilateral kedua negara, dan penandatanganan nota kesepahaman.

Presiden Meksiko Enrique Pena Nieto dan istrinya Angelica Rivera tiba di Bali, Sabtu (5/10), untuk menghadiri pertemun puncak para pemimpin APEC.

Hari ini presiden juga dijadwalkan membuka APEC CEO Summit dan menghadiri peluncuran UN Sustainability Development Solution Network (UN SDSN). Selain itu, presiden juga diagendakan bertemu dengan delegasi Hong Kong.

Pertemuan puncak para pemimpin APEC ke 25 dihadiri oleh 21 anggota APEC; pertemuan APEC diselenggarakan di Bali 1-8 Oktober. Sebelum ini KTT APEC diselenggarakan di Vladivostok, Rusia.

Semua 21 anggota APEC tersebut adalah Australia, Brunei Darussalam, Kanada, Indonesia, Jepang, Korea Selatan, Malaysia, Selandia Baru, Filipina, Singapura, Thailand, Amerika Serikat, China, Hong Kong, Taiwan, Meksiko, Papua Nugini, Chile, Peru, Rusia dan Vietnam.

APEC dibentuk pada 1989 dan Australia menjadi negara penyelenggara pertama KTT Kerja sama Ekonomi Negara - Negara Asia Pasifik tersebut.

Indonesia pada 1994 pernah menjadi tuan rumah KTT APEC di Bogor. Dalam KTT tersebut dicapai kesepakatan Bogor, yaitu melakukan liberalisasi perdagangan dengan menurunkan bea cukai hingga nol dan lima persen di mana untuk negara maju akan diberlakukan pada 2010 dan negara berkembang selambat-lambatnya 2020.

Pewarta: M Arief Iskandar
Editor: Ella Syafputri
COPYRIGHT © ANTARA 2013