Jakarta (ANTARA) - Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional (Wamen ATR/Waka BPN) Raja Juli Antoni mengatakan layanan tanpa turun atau drive thru  perlu  direplikasi dalam rangka mempermudah masyarakat.

"Saya tadi meminta Kepala Kantor Wilayah BPN Jawa Barat agar layanan seperti ini direplikasi ke tempat-tempat lain di kabupaten/kota di Jawa Barat," ujar Raja Juli Antoni di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Jumat.

Wamen ATR tersebut berkesempatan untuk menyaksikan langsung masyarakat yang menggunakan layanan drive thru di Kantor Pertanahan Kabupaten Bekasi.

"Saya langsung menyaksikan ada masyarakat yang mempergunakan layanan d​​rive thru, ini tentunya mempermudah," katanya.

Baca juga: Wamen ATR: Sertifikasi tanah wakaf komitmen pemerintah hadir bagi umat

Menurut dia, kemudahan dari layanan tersebut yakni pertama, jumlah layanan yang masuk ke loket menjadi berkurang.

"Kemudian tadi dengan sistem elektronik atau barcode, kita dapat mengidentifikasi secara cepat pemberian kepada masyarakat. Sekali lagi ini memudahkan, meringankan, dan mempercepat waktu untuk proses sertifikasi," ujar Raja Juli Antoni.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Bekasi Darman Satia Halomoan Simanjuntak mengatakan bahwa layanan drive thru diprioritaskan untuk pengambilan produk layanan di BPN. Masyarakat dapat memilih lewat jalur mana apakah lewat loket pengambilan produk atau layanan drive thru, sebelum melakukan pengambilan produk layanan di BPN.

"Untuk drive thru merupakan layanan yang pernah diresmikan, namun kami lakukan perbaikan dan upgrading sistem. Jadi ini yang sudah kami siapkan dan modifikasi, Alhamdulillah setiap hari kurang lebih setelah dilakukan modifikasi sudah 50-60 orang yang menggunakan layanan tersebut," katanya.

Baca juga: AHY: Kepastian hukum atas tanah dorong investasi

Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional (Wamen ATR/Waka BPN) Raja Juli Antoni meresmikan Renovasi Eksterior Kantor Pertanahan Kabupaten Bekasi pada Jumat (19/4).

Selain meresmikan Renovasi Eksterior dan menyaksikan langsung masyarakat yang menggunakan layanan drive thru, Raja Juli Antoni juga menyerahkan 50 sertifikat tanah wakaf secara simbolik kepada masyarakat Kabupaten Bekasi.

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024