Biak (ANTARA) - Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Theofransus Litaay mengatakan, pemerintah memandang sangat penting kemitraan dengan gereja dalam pembangunan kesejahteraan di wilayah Papua.

"Keberadaan gereja sangat strategis sejalan dengan visi Presiden Joko Widodo bagi pembangunan kesejahteraan di seluruh wilayah Papua," ujar Tenaga Ahli Utama KSP Theofransus Litaay dalam keterangan tertulis diterima dalam rangka Pekabaran Injil ke-70 Papua Pegunungan di Biak, Senin.

Ia mengatakan, hal kedua yang sangat penting acara ini menunjukkan penting dan strategisnya kehadiran gereja sebagai awal pembangunan peradaban dan visi kesejahteraan di wilayah Lembah Baliem.

Kepala Staf Kepresidenan RI mengucapkan selamat atas ulang tahun ke-70 tahun Pekabaran Injil masuk Lembah Baliem kepada masyarakat, pemerintah daerah dan pimpinan gereja.

Pemerintah Provinsi Papua Pegunungan pada saat yang sama mengumumkan penetapan tanggal 20 April sebagai Hari Ulang Tahun Pekabaran Injil di Papua Pegunungan dan menjadi hari libur fakultatif di wilayah Provinsi Papua Pegunungan.

Pada kesempatan itu, tim Kantor Staf Presiden bergabung dalam acara napak tilas sejarah pekabaran injil di wilayah Lembah Baliem dipimpin Penjabat Gubernur Provinsi Papua Pegunungan Velix Vernando Wanggai dan diikuti para penjabat gubernur dari 6 provinsi di wilayah Papua.

Acara ini dihadiri langsung Penjabat gubernur provinsi Papua Ridwan Rumasukun, Pj Gubernur Provinsi Papua Pegunungan Velix Vernando Wanggai, Provinsi Papua Tengah Ribka Haluk, Provinsi Papua Barat Ali Baham Temongmere serta Provinsi Papua Barat Daya Muhammad Musaad dan perwakilan Provinsi Papua Selatan.

Tim Kantor Staf Presiden dalam acara ini diwakili Tenaga Ahli Utama KSP Theofransus Litaay, Arju Falah, dan Muhammad Sekar Aji.
Baca juga: Wapres Ma'ruf Amin ucapkan selamat HUT Pekabaran Injil di Tanah Papua
Baca juga: Kemenag ajak umat perkuat harmoni pada Hari Pekabaran Injil di Papua
Baca juga: Pulau Roon saksi sejarah pekabaran Injil di Tanah Papua

Pewarta: Muhsidin
Editor: Guido Merung
COPYRIGHT © ANTARA 2024